Ada satelit BRI, warga bisa cek harga barang di pasar dari rumah

Rabu, 29 Juni 2016 12:55 Reporter : Idris Rusadi Putra
Ada satelit BRI, warga bisa cek harga barang di pasar dari rumah Persiapan menjelang peluncuran BRIsat. © twitter.com/Arianespace

Merdeka.com - Peluncuran satelit milik PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) atau BRIsat dinilai akan memberi manfaat yang sangat besar ke masyarakat Indonesia. Tak hanya masalah perbankan, masyarakat bisa memanfaatkan satelit ini dalam kehidupan sehari-hari.

Direktur Utama BRI, Aswami Syam, mengatakan dengan adanya satelit ini, hal yang terus dikembangkan adalah pasar berkelas digital. Dengan aplikasi ini, masyarakat bisa memantau harga di pasar dari rumah cukup menggunakan telepon genggam.

"Kita inisiasi digital teras pasar. Jadi Anda tak perlu datang ke pasar (untuk cek harga), ini online kan," ucap Aswami belum lama ini.

Asmawi memberi sedikit bocoran bahwa aplikasi ini mirip dengan online shop. Hal yang membedakan hanyalah masyarakat tidak bisa langsung membeli hanya melihat harga.

"Yah mirip mirip online shop tapi tak bisa beli, tapi bisa deal dengan HP kita," katanya.

Beberapa pasar saat ini sudah mengembangkan aplikasi seperti ini menggunakan satelit milik Telkom. Namun, kapasitasnya masih sangat terbatas.

"Satelit kita bisa perform sekarang tapi kapasitas kita kurang. Telkom masih bisa, tapi kita masih butuh." [bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini