Ada Pilpres AS, Rupiah Hari ini Ditutup Menguat ke Rp14.565 per USD

Rabu, 4 November 2020 16:14 Reporter : Anisyah Al Faqir
Ada Pilpres AS, Rupiah Hari ini Ditutup Menguat ke Rp14.565 per USD Nilai tukar rupiah menguat. ©Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Rupiah ditutup menguat 20 point sore ini di level 14.565 dari penutupan sebelumnya di level 14.639. Pada perdagangan besok Rupiah kemungkinan akan dibuka fluktuatif dan menguat 10-70 poin. Namun, ditutup menguat sebesar 5-45 point di level 14.515-14.570.

Direktur Eksekutif PT Garuda Berjangka, Ibrahim Assuaibi, menilai kondisi ini dipicu ketidakpastian hasil pemilu di Amerika Serikat. Sehingga menarik pelaku pasar kembali ke asset beresiko.

"Dengan hasil Pemilihan presiden sangat seimbang, pasar saat ini terus memantau perkembangan hasil Pilpres yang untuk sementara dimenangkan Joe Biden," kata Ibrahim kepada wartawan, Jakarta, Rabu (4/11).

Joe Biden dari Partai Demokrat telah diprediksi secara luas akan memenangkan suara. Namun, persaingan lebih ketat dari yang diharapkan. Sebab, petahana Donal Trump saat ini unggul di negara bagian Florida yang harus dimenangkan Biden.

Sementara itu, kepastian hasil yang jelas mungkin juga membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk diketahui. Sehingga berpotensi menyebabkan gangguan sosial yang parah.

"Pasar yang telah memperhitungkan kemenangan Biden juga telah melihat kemungkinan presiden Demokrat memberikan program stimulus Covid-19 yang besar, sehingga akan membantu memulihkan perekonomian paska Pandemi covid-19," tutur dia.

Disisi lain, pasar bersiap untuk kemungkinan hasil pemilihan mungkin tidak menjadi jelas pada hari Rabu. Untuk itu pasar melakukan lindung nilai terhadap risiko pemilihan yang diperebutkan atau proses yang berpotensi diundur saat surat suara dihitung.

Baca Selanjutnya: Faktor Dalam Negeri...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini