Ada Pemulihan, BI Optimis Pertumbuhan Ekonomi di Kuartal IV Lebih Baik

Kamis, 12 November 2020 14:04 Reporter : Dwi Aditya Putra
Ada Pemulihan, BI Optimis Pertumbuhan Ekonomi di Kuartal IV Lebih Baik Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo. ©2020 dok.Bank Indonesia

Merdeka.com - Bank Indonesia (BI) optimis pertumbuhan ekonomi pada kuartal IV-2020 dapat lebih baik lagi. Hal tersebut terlihat dari beberapa indikator yang sudah menunjukan tanda-tanda pemulihan pada kuartal III-2020.

Gubernur BI, Perry Warjiyo mengatakan, salah satu indikator yang terus mengalami perbaikan yakni belanja pemerintah. Di mana sektor tersebut mengalami kenaikan cukup signifikan pada kuartal III-2020.

"Kami melihat dengan berbagai indikator dan belanja pemerintah terus meningkat, insyaAllah kuartal IV ini pertumbuhan mulai positif meski belum tinggi," ujar Perry dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI, Kamis (12/11).

Perry menambahkan semua komponen Produk Domestik Bruto (PDB) juga sudah mulai mengalami perbaikan. Terutama karena ekspansi percepatan realisasi anggaran, sehingga konsumsi pemerintah bisa mendorong pertumbuhan ekonomi

Kemudian dari sisi perekonomian global juga menunjukkan indikasi pemulihan. Hingga akhir tahun pertumbuhan ekonomi global diproyeksi mengalami kontraksi 3,8 persen namun akan kembali tumbuh positif 5,2 persen di tahun 2021 mendatang.

"Pola pemulihan ekonomi global berbeda dari satu negara ke negara lain antara lain dipengaruhi penanganan Covid-19, stimulus moneter dan fiskal, serta kegiatan ekonomi dan usaha," ujar Perry.

"China lebih awal untuk pulih, demikian juga emerging market dan negara maju. Kalau China kemungkinan sudah mulai pulih di kuartal IV-2020, dan negara lain baru 2021," tambah dia.

Baca Selanjutnya: Pertumbuhan Ekonomi Kuartal III-2020 Minus...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini