Ada Pembukaan Mal, Rupiah Ditutup Menguat di Rp14.090 per USD

Selasa, 16 Juni 2020 16:28 Reporter : Anggun P. Situmorang
Ada Pembukaan Mal, Rupiah Ditutup Menguat di Rp14.090 per USD rupiah. shutterstock

Merdeka.com - Nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (USD) tercatat menguat pada penutupan perdagangan hari ini, Selasa (16/6). Dalam perdagangan hari ini rupiah ditutup menguat tipis 25 poin di level Rp14.090 per dari penutupan sebelumnya.

Direktur TRFX Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan, dengan telah dibukanya pasar salah satunya Tanah Abang, Mall dan perkantoran di DKI Jakarta yang merupakan barometer perekonomian Indonesia, Pemerintah semakin percaya diri bahwa ekonomi kembali berjalan.

"Ini membuat penjualan ritel akan kembali ramai sehingga roda perekonomian kembali berputar dan ini akan menambah kepercayaan pasar pasca PSBB," ujar Ibrahim melalui riset harian, Jakarta.

Sementara itu, Bank Indonesia hari ini tidak terlalu besar dalam melakukan intervensi karena dibantu oleh komentar bank sentral Amerika Serikat yang positif sehingga membawa angin segar bagi aliran modal asing kembali masuk ke pasar dalam negeri terutama pasar Obligasi dan SUN.

"The Fed akan membeli obligasi korporasi di pasar sekunder, memperluas pembelian surat pada hari Selasa sebagai bagian dari skema stimulus yang sudah diumumkan, dan meluncurkan program pinjaman jalan utama untuk bisnis," tandasnya. [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini