Ada Pajak Orang Kaya, Miliuner Jeff Bezos Harus Bayar Rp28 Triliun Setahun

Jumat, 12 Februari 2021 07:30 Reporter : Merdeka
Ada Pajak Orang Kaya, Miliuner Jeff Bezos Harus Bayar Rp28 Triliun Setahun Jeff Bezos. © Business Insider

Merdeka.com - Negara bagian Washington State, Amerika Serikat berencana mengenakan pajak 1 persen untuk setiap penduduk yang memiliki kekayaan lebih dari USD 1 miliar (Rp14 triliun).

Empat orang terkaya atau miliuner di negara tersebut diprediksikan menyumbang 97 persen dari total penerimaan pajak ini, di antaranya ada nama Jeff Bezos dan Bill Gates.

Meski begitu, kebijakan pengenakan pajak bagi miliuner ini masih dalam proses usulan oleh parlemen. Mereka menyebut usulan kebijakan ini sebagai upaya mengurangi ketimpangan sosial dan meningkatkan pendapatan negara bagian dari pajak.

Rencananya pungutan pajak ini hanya bersumber dari kekayaan bukan benda, seperti saham, atau investasi keuangan lainnya. Jika kebijakan ini terealisasi, maka penerimaan pajak akan membantu meningkatkan pendapatan wilayah USD 2,5 miliar per tahun.

Mengutip CNBC, Jared Walczak menemukan bahwa mayoritas pendapatan pajak tersebut akan bersumber dari empat orang terkaya di Washington State.

Kekayaan Bezos sekitar USD 200 miliar akan menyumbang USD 2 miliar atau sekitar Rp28 triliun untuk pajak, Bill Gates dengan kekayaan USD 135 miliar akan menyumbang USD 1,3 miliar.

Kemudian miliuner lainnya ialah Steve Ballmer, mantan CEO Microsoft akan membayar USD 870 juta dan MacKanzie Scott, mantan istri Bezos akan membayar sekitar USD 600 juta.

Selain empat orang tersebut, Departemen Pendapatan mengestimasi sedikitnya ada 100 miliuner di wilayah tersebut yang potensial untuk membayar pajak. Sementara menurut Forbes, jumlah miliuner di wilayah tersebut jumlahnya puluhan.

Baca Selanjutnya: Pindah Tempat Tinggal...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini