Ada Libur Panjang, Kemenhub Prediksi Jumlah Penumpang Pesawat Naik 20 Persen

Jumat, 23 Oktober 2020 15:18 Reporter : Anisyah Al Faqir
Ada Libur Panjang, Kemenhub Prediksi Jumlah Penumpang Pesawat Naik 20 Persen Aktifitas Bandara. jetphotos.net

Merdeka.com - Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Novie Riyanto akan ada kenaikan penumpang pesawat pada libur panjang akhir 28 Oktober - 1 November 2020. Novie memperkirakan akan ada peningkatan penumpang transportasi udara sebanyak 20 persen.

"Prediksi angkutan udara kurang lebih 20 persen khususnya pada 28 Oktober dan 1 November 2020," kata Novie dalam konferensi pers virtual, Jakarta, Jumat (23/10).

Novie mengatakan, puncak keberangkatan penumpang diperkirakan akan terjadi pada tanggal 28 Oktober 2020. Pada rabu pekan depan akan ada keberangkatan sebanyak 110 ribu penumpang.

Sedangkan puncak kedatangan penumpang atau arus balik liburan terjadi pada 1 November 2020. Diperkirakan akan ada pergerakan orang sebanyak 112 ribu penumpang di hari minggu tersebut.

Dalam rangka melakukan antisipasi lonjakan penumpang, Novie telah berkoordinasi dengan maskapai penerbangan dan otoritas bandara setempat. Tujuannya agar tidak terjadi penumpukan penumpang saat melakukan check in, boarding dan sebagainya.

"Kami koordinasi dengan maskapai dan bandara. Semua sudah kita atur," imbuhnya.

Untuk itu, pihaknya tetap fokus dan konsisten dalam penerapan protokol kesehatan pada angkutan udara, penyelenggara bandara dan penyelenggara navigasi. Antisipasi kebutuhan kapasitas jika terjadi lonjakan penumpang yang signifikan pun telah menyesuaikan dengan slot time dan ham operasi bandara. [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini