Ada Insentif, Kinerja Emiten Properti Sepanjang 2021 Diprediksi Positif

Kamis, 22 April 2021 12:50 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo
Ada Insentif, Kinerja Emiten Properti Sepanjang 2021 Diprediksi Positif IHSG ditutup melesat. ©2020 Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Insentif perpajakan dari pemerintah di sektor properti berupa relaksasi pajak pertambahan nilai (PPN), hingga tingginya permintaan pasar, akan mendorong kinerja emiten properti semester kedua tahun ini. Salah satunya PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR).

Analis Binaartha Sekuritas, Muhammad Nafan Aji Gusta Utama mengatakan, kinerja LPKR pada kuartal I/2021 menunjukkan optimisme pertumbuhan kinerja perusahaan pada tahun ini.

"Secara umum, emiten properti mendapatkan faktor positif dari sejumlah kebijakan Pemerintah, seperti pelonggaran loan to value dan pemangkasan Pajak Pertambahan Nilai (PPN)," ungkapnya di Jakarta, Kamis (22/4).

Dia memperkirakan, secara makro pertumbuhan ekonomi akan mulai positif pada kuartal II/2021, setelah pada kuartal I/2021 diprediksi masih minus. "Jadi, bila stimulus Pemerintah berjalan, pertumbuhan ekonomi mulai positif, hal ini diharapkan dapat mendongkrak kinerja emiten properti, termasuk LPKR," imbuhnya.

Dia menilai, LPKR mampu berinovasi dengan meluncurkan klaster Cendana Icon yang menyasar segmen menengah sehingga mendongkrak penjualan. Nafan memprediksi LPKR mampu mencapai target marketing sales senilai Rp3,5 triliun pada 2021. Dia pun merekomendasikan akumulasi saham LPKR dengan target harga Rp274.

Sedangkan, CEO Indonesia Property Watch (IPW) Ali Tranghanda mengatakan, strategi LPKR sangat tepat untuk masuk ke segmen harga di bawah Rp1 miliar karena sesuai dengan besarnya permintaan. Seperti diketahui, klaster Cendana Icon dijual mulai dari harga Rp599 juta.

"Pasar segmen di bawah Rp1 miliar sangat besar. Masuknya suplai klaster Cendana Icon dari LPKR pastinya menangkap pasar yang selama ini diharapkan," ujarnya.

Baca Selanjutnya: Kinerja LPKR...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini