Ada Gernas BBI, Presiden Jokowi Ingin Jumlah UMKM Go Online Naik Signifikan

Kamis, 20 Mei 2021 15:51 Reporter : Merdeka
Ada Gernas BBI, Presiden Jokowi Ingin Jumlah UMKM Go Online Naik Signifikan Jokowi lapor SPT Tahunan. ©Lukas/Biro Pers Sekretariat Presiden

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang telah berjalan satu tahun semakin membuahkan hasil. Dia pun menginginkan semakin banyak Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) menjual produk online.

"Kita ingin jumlah UMKM kita yg on boarding ke platform e-commerce semakin meningkat secara signifikan. Peningkatan e-commerce pasti akan berdampak juga kepada pergerakan ekonomi offline," kata Presiden Jokowi secara virtual dalam acara Gernas BBI Festival Joglosemar di kawasan Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, pada Kamis (20/5).

Kehadiran UMKM di e-commerce akan membuat pergerakan ekonomi lebih maksimal. Tidak hanya terpusat di beberapa wilayah saja.

"Sehingga perputaran ekonomi bergerak dari bawah, bergerak dari pinggiran di berbagai pelosok Indonesia secara merata dan berkeadilan," ungkap Presiden Jokowi.

Dia mengungkapkan bahwa ekosistem usaha bagi UMKM juga terus dibenahi. Dalam hal ini termasuk UU Cipta Kerja yang disebut telah memberikan berbagai kemudahan berusaha bagi UMKM, memangkas regulasi yang rumit dan tumpang tindih, serta memudahkan UMKM untuk membuka usaha baru.

"Saya mengingatkan kepada seluruh jajaran kabinet dan kepala daerah untuk memastikan eksekusinya, ini yang penting. Mengawal implementasinya, ini juga penting. Sehingga betul-betul dirasakan manfaatnya oleh pelaku UMKM," katanya.

Reformasi struktural yang dilakukan pemerintah, menurut Presiden Jokowi, bukan hanya soal perizinan. Akses pembiayaan telah dan akan terus dipermudah, akses pasar juga dibuka seluas-luasnya, pendampingan bagi UMKM, branding, packaging dan marketing terus dilanjutkan, serta perlindungan bagi UMKM juga terus diperkuat.

Baca Selanjutnya: Digitalisasi UMKM Indonesia Terkendala Usia...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini