Ada Fintech, Bank Tak Perlu Buka Cabang di Daerah

Rabu, 11 November 2020 19:24 Reporter : Merdeka
Ada Fintech, Bank Tak Perlu Buka Cabang di Daerah OJK. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Kehadiran Financial Technology (fintech) kini tengah marak. Apalagi saat pandemi, banyak masyarakat yang beralih ke sistem pembiayaan digital yang dinilai lebih mudah. Selain lebih mudah dan cepat, pemanfaatan fintech juga dapat meminimalisir adanya kontak fisik.

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Wimboh Santoso mengatakan, banyaknya populasi penduduk Indonesia turut membantu akselerasi keuangan digital, termasuk perbankan dan pembiayaan.

Dengan pemanfaatan teknologi digital ini, Wimboh mengatakan perbankan tidak perlu lagi membuka cabang di daerah-daerah. Hal ini karena layanan digital dianggap sudah mampu memfasilitasi keperluan nasabah atau konsumen. Mulai dari pembuatan rekening baru, transfer, hingga setor dan tarik tunai.

"Perbankan tidak perlu buka cabang di daerah-daerah. Platform digital sudah menjangkau di mana-mana,” ujarnya dalam Indonesia Fintech Summit dan Pekan Fintech Nasional 2020, Rabu (11/11).

Bahkan, lanjut Wimboh, dalam alokasi bantuan sosial di daerah pun sudah menggunakan platform digital. Lebih jauh, Wimboh menilai kehadiran fintech ini sebagai salah satu solusi bagi masyarakat yang semula tak dapat mengakses layanan keuangan akibat kendala fisik dan geografis.

Kemudahan ini utamanya untuk meningkatkan layanan perbankan dan pembiayaan untuk menumbuhkan ekonomi kecil dan usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) di daerah-daerah.

Reporter: Pipit Ika Ramdhani

Sumber: Liputan6.com [idr]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini