Ada Corona, Pemerintah Anggarkan Rp8 T Lipatgandakan Besaran Dana PKH di April 2020

Rabu, 8 April 2020 10:16 Reporter : Merdeka
Ada Corona, Pemerintah Anggarkan Rp8 T Lipatgandakan Besaran Dana PKH di April 2020 Jokowi salurkan pkh dan bpnt di bogor. ©Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Pemerintah akan memberikan tambahan dana untuk penerima Program Keluarga Harapan (PKH) di April 2020. Untuk penambahan manfaat tersebut, pemerintah akan alokasikan dana sebesar Rp8 triliun.

"PKH selama ini untuk 10 juta rumah tangga diberikan 4 kali dalam setahun. Tetapi khusus untuk bulan April ini, akan ditambah 1 triwulan oleh Kemensos," ujar Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan, Askolani dalam video konverensi, Rabu (8/4).

Nantinya, lanjut Askolani, manfaat yang akan diterima oleh keluarga PKH di triwulan II ini naik 2 kali lipat. Hal tersebut sebagai bentuk dukungan pemerintah dalam menangani masyarakat yang terdampak covid-19.

2 dari 2 halaman

Kemensos Bisa Segera Jalankan Tambah PKH Dengan Anggaran yang Ada Dulu

Kemudian, dari kebijakan penambahan 1 triwulan PKH, Askolani membeberkan bahwa pagu tambahan sekitar Rp8 triliun akan diberikan kepada Kemensos. "Jadi pagu anggarannya (Kemensos) naik dari Rp29,13 triliun menjadi Rp37,4 triliun di tahun 2020 ini untuk menambah manfaat 1 triwulan," bebernya.

Askolani juga mengatakan bahwa kebijakan naikkan pemberian dana PKH tersebut sudah bisa dilaksanakan oleh Kemensos pada bulan April ini. Namun, dengan pagu yang sudah ada di 2020 ini sebanyak Rp29,13 triliun. Segera setelah disetujui Menkeu, pagu tersebut akan ditambah menjadi Rp37,4 triliun.

"Intinya, implementasi dari kebijakan ini sudah bisa dilaksanakan sekarang oleh Kemensos, dan menggunakan pagu yang Rp29,13 triliun," jelasnya.

Reporter: Pipit Ika Ramadhani

Sumber: Liputan6

[bim]

Baca juga:
Hasil Rapid Test Positif Covid-19, Seorang Pasien di Kukar Meninggal
Indonesia Bisa Belajar dari 3 Negara Ini Perangi Virus Corona
Kisah Pernikahan Sederhana Dua Sejoli saat Kampungnya Lockdown
Puluhan Dokter Pakistan Ditangkap Karena Unjuk Rasa Kekurangan APD
Jika Pandemi Virus Corona Covid-19 Berakhir, Anda Sebaiknya Lakukan 5 Hal Ini
Ramayana City Plaza Depok Tutup, 87 Karyawan Terkena PHK
Terapkan Social Distancing, Ini 8 Cara Mengatasi Anak Bosan Selama di Rumah

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini