Ada Biaya Tambahan, Calon Jemaah Umrah Direncanakan Tetap Berangkat di September

Selasa, 2 Juni 2020 18:42 Reporter : Idris Rusadi Putra
Ada Biaya Tambahan, Calon Jemaah Umrah Direncanakan Tetap Berangkat di September haji. REUTERS

Merdeka.com - Perhimpunan Pengusaha Biro Ibadah Umrah dan Haji Indonesia (Perpuhi) memastikan calon jemaah umrah tetap berangkat meski saat ini tertunda akibat pandemi Covid-19.

"Meski demikian harus ada biaya tambahan. Ini diberlakukan karena untuk mendukung protokol kesehatan pada penerapan New Normal," kata Ketua Perpuhi Her Suprabu dikutip dari Antara Solo, Selasa (2/6).

Dia mengatakan untuk biaya yang dikenakan kepada setiap calon anggota jemaah umrah sebesar sepertiga dari total biaya umrah.

"Kalau biasanya Rp25 juta saat ini menjadi Rp30 juta. Kenaikan biaya ini dikenakan setelah dilakukan berbagai perhitungan karena nanti akan ada physical distancing di pesawat, tidak bisa sekamar empat orang, dan berbagai penerapan protokol kesehatan lainnya," katanya.

Menurut dia, jika calon jemaah keberatan dengan adanya biaya tambahan tersebut maka tergantung dari pemerintah apakah dana bisa dikembalikan kepada orang yang bersangkutan atau tidak mengingat saat ini dana sudah masuk ke pemerintah.

Sementara itu, akibat pandemi Covid-19 Perpuhi mencatat sebanyak 25.000 calon anggota jemaah umrah tertunda keberangkatannya. Oleh karena itu, mereka inilah yang akan dikenai biaya tambahan.

Baca Selanjutnya: Umrah Dibuka September...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini