Ada Bandara New Yogyakarta, Jumlah Wisatawan Candi Borobudur Capai 3 Juta Orang

Selasa, 22 Januari 2019 17:16 Reporter : Purnomo Edi
Ada Bandara New Yogyakarta, Jumlah Wisatawan Candi Borobudur Capai 3 Juta Orang Menhub Budi Karya. ©2018 Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA) akan menjadi penopang pariwisata Candi Borobudur. Dengan adanya Bandara NYIA ditargetkan jumlah wisatawan yang akan mengunjungi Candi Borobudur bisa mencapai 3 juta orang.

Budi menyebut dengan lonjakan wisatawan tersebut bukan tidak mungkin Candi Borobudur akan seperti Angkor Wat di Kamboja. Guna mendukung peningkatan jumlah wisatawan nantinya akan dibangun jalan tembus dari Bandara NYIA ke Candi Borobudur.

"Saya bayangkan kalau (bandara) Kulon Progo jadi penerbangan internasional, kita bikin jalan dari situ ke Borobudur, Borobudur akan seperti Angkor Wat. Akan ada turis tiga juta ke Yogyakarta," ujar Budi Karya di Grha Sabha UGM, Selasa (22/1).

Dia menerangkan Bandara NYIA nantinya akan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan asing ke Yogyakarta. Nantinya peningkatan jumlah wisatawan asing ini berdampak pada perekonomian masyarakat Yogyakarta maupun Candi Borobudur.

"Dengan adanya turis yang banyak itu ada penghasilan. Ada aktivitas yang luar biasa. Oleh karenanya kita akan cermati sekali membangun bandara dan infrastruktur ini dalam rangka untuk meningkatkan destinasi yang namanya Borobudur," jelasnya.

Budi menerangkan bahwa April 2019, Bandara NYIA sudah akan bisa melayani penerbangan internasional. Menurutnya, sudah ada beberapa maskapai asing yang sudah setuju membuka penerbangan ke Bandara NYIA.

"Pasti banyak (maskapai luar yang membuka rute ke NYIA). Yang pasti Emirates. (Maskapai asing lainnya) Pasti mau lah," tandasnya. [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini