AAUI: Klaim Asuransi Akibat Banjir Butuh Waktu Lama

Kamis, 8 Februari 2007 05:17 Sumber :
Kapanlagi.com

Merdeka.com - Kapanlagi.com - Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) memperkirakan klaim kerusakan akibat banjir akan membutuhkan waktu lebih lama dari klaim biasa karena banyaknya kasus klaim yang harus diteliti dan disurvei.

Ketua AAUI, Frans Sahusilawane, kepada wartawan, Rabu mengatakan perusahaan asuransi umum saat ini telah menunjuk penilai kerugian (lost adjuster dan surveyor untuk meneliti kerugian yang telah dilaporkan kliennya.

Frans mengingatkan jaminan asuransi risiko banjir hanya diberikan pada pemegang polis yang dalam naskahnya tercantum jaminan risiko banjir.

Polis standar untuk asuransi kebakaran atau properti dan asuransi kendaraan bermotor tidak menjamin risiko banjir kecuali telah ada kesepakatan sebelum terjadi banjir dan membayar tambahan premi.

Ketentuan tersebut berlaku pula untuk jenis "tailor made policy" (polis yang disusun sendiri oleh perusahaan) dan jaminan "All Risks".

Penggunaan kata "All risks" dalam polis asuransi adalah untuk tujuan teknis penulisan dan interpretasi polis, bukan dalam pengertian harfiahnya yaitu menjamin semua risiko karena polis asuransi "All risks" juga mencantumkan risiko-risiko yang tidak dijamin.

Frans mengimbau masyarakat untuk memperhatikan ketentuan dan prosedur pengajuan klaim yang tercantum dalam polis asuransi serta melaporkan terjadinya kerugian dengan segera mengingat ada batas waktu pelaporan.

Hal lain yang perlu dilakukan oleh tertanggung adalah menyimpan harta benda yang rusak untuk diteliti oleh petugas klaim, mempersiapkan polis asli, kuitansi pembayaran premi dan dokumen yang menyangkut harta benda yang dijaminkan, serta menyiapkan pengajuan klaim dengan rincian harta benda yang mengalami kerugian termasuk besarnya kerugian.

Khusus untuk klaim kendaraan bermotor, masyarakat diimbau untuk menanyakan pada perusahaan asuransi atau brokernya mengenai cara membawa mobil ke bengkel yang ditunjuk. (*/rsd)

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.