855 Obat Paten Masuk Dalam Daftar Plafon Harga Obat Askes

Sabtu, 19 April 2008 10:09 Sumber :
Kapanlagi.com

Merdeka.com - Kapanlagi.com - Sebanyak 1.324 item obat-obatan masuk dalam daftar plafon harga obat (DPHO) Askes yang bisa diambil oleh peserta Askes tanpa bayar, 855 item di antaranya merupakan obat paten.

Kepala cabang PT. Askes Bangka Belitung, Dr. Herman Dinata, di Pangkalpinang, Sabtu, menjelaskan, obat-obatan yang masuk DPHO terus bertambah secara cepat dan hampir meliputi seluruh jenis penyakit kecuali seperti AIDS dan flu burung yang ditangani langsung oleh RS pemerintah.

"Bagi pasien peserta Askes PNS, Askeskin maupun paket komersial, bisa mendapatkan obat dalam DPHO tersebut tanpa bayar, namun bila obat yang diberikan dokter tidak tersedia dalam DPHO, maka harus dibeli sendiri di apotek," ujarnya.

Pada akhir 2007 lalu obat-obatan yang masuk DPHO baru mencapai 1.094 item.

Ia menyatakan, obat-obatan yang masuk dalam DPHO merupakan obat berkualitas hasil produksi berbagai pabrik dan industri farmasi. Dengan makin beragamnya obat, maka pasien makin mudah mendapatkan obat yang dirujuk dokter tanpa bayar.

Pasien yang mendapatkan pelayanan askeskin di Bangka Belitung sebanyak 114.245 orang, sementara untuk Askes dari kelompok PNS mencapai enam ribuan orang.

Makin banyaknya DPHO berarti pengobatan kepada pasien bisa lebih optimal. Bahkan DPHO mencakup obat-obatan untuk penyakit jantung dan pembuluh yang harganya sangat mahal.

"Askes berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan pegawai sebagai anggotanya untuk menuju Indonesia sehat." ujarnya. (*/lin)

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.