83 Orang Positif Covid-19 di PON Papua, Pemda Diminta Tanggung Biaya Karantina

Senin, 11 Oktober 2021 16:28 Reporter : Merdeka
83 Orang Positif Covid-19 di PON Papua, Pemda Diminta Tanggung Biaya Karantina Menko Airlangga. ©2020 Foto: Lutfi/Humas Ekon

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mencatat ada 65 kasus konfirmasi positif pada atlet maupun official di PON XX Papua hingga Minggu (10/10). Kemudian, jumlah itu terus bertambah jadi 83 kasus pada Senin (11/10).

"Atletnya 72 persen (yang terkonfirmasi positif), official 23 persen, coach 1,5 persen, wasit 1,5 persen, dan di situ masuk wartawan di sana yang meliput," jelasnya dalam sesi teleconference, Senin (11/10).

"Kemudian positivity rate 1,45 persen terjadi di semua kota (penyelenggara PON XX Papua), baik di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika, dan Merauke," terang Airlangga.

Airlangga menyampaikan, kasus positif Covid-19 itu terjadi pada beberapa atlet untuk cabang olahraga (cabor), seperti judo, sepatu roda, motorcross, panahan, hingga kriket.

Dia mengutarakan, pemerintah pun mendorong agar mekanisme kepulangan para atlet PON XX Papua ke daerahnya diperbaiki. Termasuk dengan pemberlakuan karantina terpusat setelah tiba di daerah masing-masing.

"Dan apabila terkena positif, maka akan di-treatment di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika dan Merauke (isolasi terpusat) selama 5 hari. Oleh karena itu, Dinkes maupun Isoter yang ada akan terus dipersiapkan sampai dengan H+5," ungkapnya.

Selain itu, Airlangga pun meminta setiap pemerintah daerah (pemda) untuk mempersiapkan isolasi terpusat bagi atlet di daerah masing-masing. Itu dilakukan selama 5 hari pasca kedatangannya dari Papua.

"Dengan mekanisme kepulangan ini, diharapkan biaya tes dan karantina ditanggung oleh pemerintah daerah dan satgas covid daerah," ujar dia.

"Kemarin sudah sekitar 30 persen telah kembali, persyaratannya adalah isolasi mandiri, sehingga akan ditarik menjadi isolasi karantina di wilayah masing-masing selama 5 hari," tandasnya.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com [idr]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini