80 Persen Perusahaan Terdaftar di BPJamsostek Pelaku UKM

Selasa, 14 Januari 2020 15:36 Reporter : Merdeka
80 Persen Perusahaan Terdaftar di BPJamsostek Pelaku UKM BPJS Ketenagakerjaan. ©bpjsketenagakerjaan.co.id

Merdeka.com - BPJamsostek mencatat, jumlah total peserta hingga akhir 2019 terdiri dari 54,5 juta orang pekerja yang mencari nafkah di sekitar 650 ribu perusahaan pemberi kerja. Angka ini melebihi dari target BPJamsostek sebanyak 20,8 juta peserta.

Direktur Kepesertaan BP Jamsostek Ilyas Lubis mengatakan, dari jumlah 650 ribu perusahaan tersebut, mayoritas merupakan pelaku Usaha Mikro Kecil, dan Menengah (UMKM) berskala mikro dan kecil.

"80 persen itu kecil, mikro. Jadi 80 persen mikro kecil, 20 persen menengah besar. Jadi sekitar 120 ribu yang menengah besar," ujar Lubis di Jakarta, Selasa (14/1).

Dia menjelaskan, hampir semua perusahaan besar, termasuk seluruh BUMN sudah mendaftarkan diri pada BPJamsostek. "Memang posisinya saat ini yang berskala menengah besar hampir 90 persen sudah ikut. Jadi tinggal menyasar mikro kecil. Inilah yang banyak belum ikut," sambung dia.

1 dari 1 halaman

Kemauan Membayar Iuran Masih Rendah

Menurut dia, perusahaan baik berskala kecil, menengah hingga besar akan mendapat banyak manfaat bila menjadi anggota BPJamsostek yang kini telah menaikan santunan tanpa meninggikan iuran. Namun, kemauan membayar dari perusahaan-perusahaan tersebut masih rendah meski secara kemampuan sudah bisa.

"Itu memang kita juga lakukan penelitian, bagaimana istilahnya kemauan dan kemampuan membayar dari mikro kecil itu. Tapi kemampuan membayar dari penelitian itu relatif sebagian besar mampu," tuturnya.

"Kemauan itu yang masih kita edukasi. Juga dengan pemerintah, bagaimana pelaku mikro kecil itu bisa langsung terlindungi," dia menandaskan.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com [azz]

Baca juga:
Asabri Tersandung Masalah Berat, Bagaimana Rencana Penggabungan ke BPJamsostek?
BPJamsostek Target Raup 23,5 Juta Peserta Baru di 2020
BPJamsostek Pastikan Tak Investasi di Saham Gorengan
Menaker: Manfaat BPJamsostek Bertambah Tanpa Ada Kenaikan Iuran
Ada Fasilitas Tunjangan Korban PHK, Iuran Peserta BPJS Ketenagakerjaan Tak Bertambah

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini