8 Orang terkaya sejagat di tiap generasinya

Kamis, 19 November 2015 07:05 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo
8 Orang terkaya sejagat di tiap generasinya Evan Spiegel. ©cnbc.com

Merdeka.com - Menjadi kaya saat ini sudah tidak memandang usia. Para anak muda berusia 20 tahunan pun saat ini bisa menjadi orang kaya di dunia.

Berdasarkan penelitian Wealth-X, para orang kaya ini masih ada yang berusia 20 tahun hingga tertua sekalipun yakni sekitar umur 90 tahun.

Dilansir dari Business Insider, Rabu (18/11), kebanyakan para anak muda yang sudah menjadi miliuner ialah mereka yang mengembangkan bisnis teknologi aplikasi. Sementara, para sesepuh mereka ialah miliuner yang bergerak di bisnis konvensional seperti ritel dan keuangan.

Berikut merdeka.com akan merangkum sejumlah miliuner tersebut berdasarkan generasi mereka.

1 dari 8 halaman

Evan Spiegel umur 25 tahun kekayaan USD 2 miliar

Evan Spiegel. ©2015 Merdeka.com/leadinvestor.com.au

Evan Spiegel adalah pendiri dari perusahaan pembuat aplikasi Snapchat. Aplikasi ini memiliki 100 juta pengguna aktif setiap harinya. Sejumlah perusahaan ternama seperti CNN, Yahoo, dan Major League Baseball (MLB) telah menggunakan aplikasi ini untuk promosinya.

Saat ini nilai pasar Snapchat dihargai setidaknya USD 19 miliar atau setara Rp 255 triliun.

Evan dan partnernya Murphy tidak serta merta lancar untuk sukses. Evan dan Murphy awalnya membuat aplikasi Picaboo, cikal bakal Snapchat, namun gagal. Setelah itu, barulah hadir Snapchat sebagai versi penyempurnaan dari Picaboo yang ternyata tak disangka mendapat respon positif dari masyarakat dunia.

2 dari 8 halaman

Mark Zuckerberg umur 31 tahun kekayaan USD 47,2 miliar

CEO Facebook Mark Zuckerberg. REUTERS/Stringer

Facebook melaporkan kinerja perusahaan selama kuartal II-2015 pada Rabu (29/7). Dalam laporannya, pengguna Facebook hingga kini sudah mencapai 1,5 miliar orang. Setidaknya ada satu orang mendaftar di media sosial ini setiap bulannya. Jumlah pelanggan Facebook mengalahkan produk teknologi lainnya seperti Microsoft.

Pengguna yang luar biasa banyak ini memungkinkan Facebook mencetak fitur baru memanfaatkan data pengguna. Ini kemudian berdampak pada naiknya pendapatan iklan perusahaan.

Selama kuartal II-2015, penjualan iklan Facebook mencapai USD 3,8 miliar atau tumbuh 43 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. Tidak berhenti di situ, pendapatan iklan mobile juga naik 62 persen menjadi USD 2,9 miliar.

Kinerja Facebook pada kuartal II-2015 tidak mengecewakan investor dengan mencetak laba bersih mencapai USD 1,4 miliar (setara dengan Rp 18,8 triliun) atau naik 28 persen dibanding periode sama tahun lalu.

3 dari 8 halaman

Larry Page umur 42 tahun kekayaan USD 41,7 miliar

Larry Page. © Mashable.com

Mantan CEO Google, Larry Page menempati peringkat lima orang terkaya dunia dari sektor teknologi.

Google menjadi perusahaan yang paling berpengaruh di era digital. Selain mendominasi pencarian online dengan pangsa pasar 65 persen pasar global, Google kini menjadi perangkat aktif Android yang digunakan oleh lebih dari satu miliar orang.

Larry Page baru-baru ini tidak lagi jadi CEO Google. Posisinya digantikan oleh Sundar Pichai yang berasal dari India.

4 dari 8 halaman

Jeff Bezos umur 51 tahun kekayaan USD 60 miliar

Jeff Bezos . REUTERS

Jeff Bezos merupakan pendiri sekaligus CEO dari e-commerce terbesar Amerika Serikat sekaligus dunia, Amazon. Berkat kesuksesan supermarket onlinenya ini, Jeff pun jadi salah satu orang paling berpengaruh di dunia.

Pria lulusan Princeton University ini memang memiliki mimpi besar dalam dunia jual beli online. Bahkan, dirinya mencanangkan bahwa di masa depan Amazon akan menyediakan kurir sendiri dengan memanfaatkan armada helikopter kecil.

Informasi saja, laba Amazon kuartal II-2015 melonjak tajam. Laba perusahaan naik tinggi melebihi prediksi sebelumnya. Hal ini terjadi karena adanya kenaikan penjualan sebesar 26 persen di Amerika Utara dengan nilai mencapai USD 13,79 miliar.

5 dari 8 halaman

Bill Gates umur 60 tahun kekayaan USD 87,3 miliar

Bill Gates. ©2014 Merdeka.com

Bill Gates adalah salah seorang pendiri Microsoft bersama Paul Allen di tahun 1970 an. Dia juga termasuk seorang kaya yang dermawan dan menghabiskan sebagian uangnya untuk organisasi kemanusiaan bernama Bill and Melinda Gates Foundation.

Selain meningkatkan pendidikan, yayasan ini juga berkomitmen membantu Afrika dalam masalah mobile banking. Harapannya, orang miskin di sana bisa mengubah hidup mereka.

6 dari 8 halaman

Amancio Ortega umur 79 tahun kekayaan USD 73,2 miliar

Amancio Ortega. CNBC©2015

Perusahaan Ortega yang beroperasi di bawah beberapa nama merek, termasuk Zara, Massimo Dutti dan Stradivarius, memiliki hampir 5.900 toko di 86 negara.

Amancio Ortega Gaona yang lahir pada 28 Maret 1936 itu menyandang status sebagai seorang eksekutif busana asal Spanyol dan ketua pendiri dari grup fashion Inditex.

7 dari 8 halaman

Warren Buffett umur 85 tahun kekayaan USD 62,4 miliar

Warren Edward Buffett adalah seorang pengusaha Amerika Serikat yang diakui sebagai salah satu investor tersukses di dunia. Dia berhasil mengumpulkan kekayaan yang berlimpah berkat kemampuan dan kepandaiannya dalam berinvestasi melalui perusahaan konglomerasi (holding company) Berkshire Hathaway.

Karena keahliannya tersebut, dia mendapat berbagai julukan seperti "Wizard of Omaha", "Oracle of Omaha", atau "Sage of Omaha".

8 dari 8 halaman

Liliane Bettencourt umur 93 tahun kekayaan USD 31,4 miliar

Liliane Bettencourt. ©2013 Merdeka.com/famous-entrepreneurs.com

Liliane merupakan pewaris perusahaan kosmetik ternama asal Perancis yaitu L'Oreal. Kekayaan Liliane sepanjang 2014 terus bertambah karena kerja sama pihak L'Oreal dengan Nestle. Liliane membeli 8 persen saham Nestle dan membantu memasarkan produk L'Oreal hingga 33 persen.

Janda yang menderita demensia ini saat ini tidak lagi terlibat langsung dalam penyelenggaraan perusahaan. Dia hanya mewarisi saham dari ayahnya yaitu Eugene Schueller yang pertama kali memulai bisnis menjual produk kecantikan di awal abad 20 silam. [bim]

Baca juga:
Pengusaha Hong Kong beli berlian seharga Rp 663 miliar untuk anaknya
Pailit, konglomerat Inggris loncat dari lantai 8 apartemen mewah
Ini 5 orang terkaya dunia versi Bloomberg, harta Bill Gates turun
Lima cerita orang kaya mendadak paling unik
Tak lagi di saham, orang super kaya kini memarkir uang di karya seni

Topik berita Terkait:
  1. Orang Terkaya
  2. Top List
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini