700 Hektare Daratan di Jawa Barat Hilang Akibat Perubahan Iklim

Senin, 3 Oktober 2022 17:53 Reporter : Anisyah Al Faqir
700 Hektare Daratan di Jawa Barat Hilang Akibat Perubahan Iklim Perubahan iklim. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Dampak perubahan iklim sudah semakin nyata. Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyebut sudah 700 hektare daratan di utara Jawa Barat hilang, berubah menjadi air laut. Tepatnya di sepanjang pantai utara dari mulai Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang sampai Kabupaten Subang.

"Kami sudah kehilangan 700 hektare tanah dari Bekasi sampai Subang ini sudah jadi laut," kata Ridwan saat ditemui di Hotel Holiday Inn Bandung, Pasteur, Bandung, Jawa Barat, Senin (3/10).

Pria yang akrab disapa Emil ini mengaku pernah didatangi warga pesisir yang rumahnya tenggelam air laut. Warga tersebut datang membawa sertifikat tanah yang faktanya, sudah tidak lagi berbentuk lahan.

"Ada warga ketemu saya baa sertifikat rumah tapi sekarang sudah jadi air laut. Jadi bingung kan bayar PBB-nya," ungkapnya.

Peristiwa tersebut menjadi bukti nyata dampak dari perubahan iklim. Dia meminta masyarakat untuk tidak termakan wacana yang menyebutkan pemanasan global hanya wacana dari dunia barat semata.

"Jadi efek global warming ini benar ada, kalau ada yang bilang narasi barat, buktinya 700 hektar tanah sudah hilang," kata dia.

Kondisi ini pun tak hanya ada di Jawa Barat. Beberapa wilayah di DKI Jakarta juga mengalami hal serupa. "Permukaan air laut ini juga sudah naik di Jakarta, makanya ada kan masjid yang terendam banjir dan kita juga sama," kata dia.

Untuk itu, penanganan perubahan iklim harus segera diatasi sedini mungkin. Mengingat dampaknya mengancam kehidupan generasi berikutnya.

Baca juga:
Hasil Riset: Masyarakat Miskin dan Marjinal Ikut Jadi Korban Perubahan Iklim
Belajar di Sekolah Zero Carbon Jakarta
DKI Perkuat Mitigasi Cegah Bencana Dampak Perubahan Iklim
Bahaya Perubahan Iklim Bagi Kesehatan Kulit, Tingkatkan Gangguan Kulit Hingga Kanker

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini