70 Persen Perusahaan Menilai Kepribadian Dibanding Keterampilan Saat Interview

Selasa, 30 Juli 2019 07:00 Reporter : Siti Nur Azzura
70 Persen Perusahaan Menilai Kepribadian Dibanding Keterampilan Saat Interview wawancara kerja. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Dalam suatu lowongan pekerjaan, biasanya perusahaan mencantumkan syarat pengalaman kerja. Tentunya hal ini agar perusahaan bisa mendapatkan karyawan dengan kemampuan sesuai dengan job desk-nya.

Namun,tahukah Anda bahwa pengalaman kerja bukan faktor tertinggi dalam kelancaran wawancara kerja, melainkan kepribadian. Berdasarkan laporan dari situs saran karier A.Sterview TopInterview dan platform pencarian kerja Resume-Library, kepribadian menempati 3 faktor teratas yang diperhatikan perusahaan.

Di mana kepribadian pelamar kerja mempengaruhi 70 persen penilaian perusahaan, bersamaan dengan keterampilan dan pengalaman. Sementara pendidikan hanya mempengaruhi 18 persen, dan penampilan hanya 7 persen.

Dilansir CNBC Make It, ada ciri-ciri kepribadian yang paling tidak diinginkan dari kandidat pekerjaan. Yakni arogansi, ketidakjujuran, selalu merasa benar, tidak dapat diandalkan, dan berpikiran sempit.

Sementara kepribadian yang paling diinginkan perusahaan adalah kepercayaan, orisinalitas, kejujuran, dapat diandalkan, dan disiplin. Pakar karier TopInterview, Amanda Augustine, mengatakan temuan itu mencerminkan semakin meningkatnya penekanan yang diberikan oleh pengusaha dan karyawan pada lingkungan kerja mereka.

Pasar tenaga kerja di Amerika Serikat (AS) juga telah memperketat persyaratan untuk calon karyawan. Hal ini berarti para pengusaha harus menjadi kreatif ketika mencari kandidat potensial.

"Memang, bagian penting dari ini adalah mempertimbangkan seberapa baik kepribadian seseorang akan cocok dengan tim mereka, jadi sangat penting untuk menonjol karena semua alasan yang tepat," kata pendiri dan CEO Resume-Library, Lee Biggins.

Karena itu, Biggins merekomendasikan memainkan bagian terbaik dari kepribadian Anda pada wawancara berikutnya. Artinya, Anda harus latihan untuk menekan semua sifat buruk yang Anda punya, yang bisa menggagalkan interview Anda.

"Setiap perusahaan berbeda, masing-masing dengan prioritasnya sendiri, tetapi survei kami menunjukkan bahwa sifat-sifat kepribadian utama tidak akan memotongnya di tempat kerja. Jadi lain kali Anda akan pergi ke wawancara, cobalah untuk menjadi sedikit lebih sadar diri dan sadar akan apa yang Anda hadapi." [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini