7 Tips Jitu Terbebas dari Jeratan Utang

Kamis, 21 Januari 2021 08:00 Reporter : Merdeka
7 Tips Jitu Terbebas dari Jeratan Utang Utang. ©Shutterstock

Merdeka.com - Mengelola utang mungkin menjadi salah satu hal tersulit untuk dilakukan. Sebab, dalam mengelola utang harus mengelola pikiran yang memainkan peran utama dalam membuat keputusan finansial.

Di Indonesia, sangat sedikit orang yang belajar soal keuangan pribadi. Namun pada kenyataannya, mengatur pengeluaran dan melunasi utang bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan dan butuh dipelajari.

Lantas bagaimana caranya agar dapat bebas dari utang? Berikut 7 cara agar bisa terbebas dari utang, dilansir dari laman Freemalaysiatoday.com:

1. Kenali Utang

Tuliskan utang Anda di atas kertas, tulis detailnya harus mencakup nama kreditur, alamat dan nomor telepon, jumlah utang yang belum dibayar, tingkat bunga, pembayaran minimum dan informasi lain yang menurut Anda relevan.

Anda bisa memanfaatkan aplikasi keuangan pribadi, dengan menggunakan sumber daya di dalam aplikasi untuk mendokumentasikan utang Anda dan membuat rencana untuk melunasi utang.

Mungkin juga Anda bisa melibatkan orang lain. Penting untuk menyertakan pasangan Anda atau orang penting lainnya. Jika Anda tidak sependapat secara finansial, itu bisa membuat lebih sulit untuk keluar dari utang.

Tidak apa-apa jika salah satu dari Anda yang memimpin dalam pengelolaan uang, tetapi Anda berdua harus ikut serta, terutama saat Anda mengembangkan strategi untuk menurunkan utang.

Baca Selanjutnya: 2 Penganggaran...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Utang
  3. Tips Keuangan
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini