6 Tips Sukses Sarjana Baru Bisa Cepat Mendapat Pekerjaan

Minggu, 21 April 2019 07:00 Reporter : Dwi Aditya Putra
6 Tips Sukses Sarjana Baru Bisa Cepat Mendapat Pekerjaan Usai sarjana, waktu cari pekerjaan. shutterstock

Merdeka.com - Setelah menyelesaikan pendidikan, fokus selanjutnya dalam hidup bagi sebagian orang tentu mencari pekerjaan. Di sinilah tantangannya. Sebab, mendapatkan pekerjaan itu bukanlah perkara mudah.

Bagi sebagian orang melamar pekerjaan mungkin terasa seperti kebanyakan permainan menunggu. Tetapi ada lebih banyak yang harus dilakukan daripada hanya mengirimkan aplikasi secara online, dan mengambil langkah-langkah tambahan akan memberi Anda hasil pencarian kerja yang lebih baik.

Dikutip dari CNBC Make It, Pakar Karier untuk TopResumed, Amanda Augustine, menyampaikan beberapa tips untuk para lulusan baru agar cepat mendapatkan pekerjaan:

1 dari 6 halaman

Prioritaskan Koneksi Anda

Identifikasi siapa di jaringan Anda yang sudah mapan yang saat ini bekerja atau sebelumnya bekerja di bidang yang paling Anda minati. Augustine juga menyarankan agar selalu ada teman yang sangat sosial dalam benak Anda.

"Konektor alami ini dari jaringan pribadi Anda sering dapat memperkenalkan Anda kepada orang-orang yang relevan di luar lingkaran sosial Anda yang bisa berharga selama pencarian Anda," kata Augustine.

2 dari 6 halaman

Manfaatkan Jaringan Almamater Anda

Alumnifire, platform jejaring alumni, menemukan bahwa 90 persen manajer perekrutan akan lebih suka mempekerjakan sesama alumni jika memungkinkan.

Untuk menemukan alumni yang bekerja di bidang target Anda, hadiri acara alumni di daerah Anda dan gunakan LinkedIn untuk menyaring hasil pencarian. Jika Anda menemukan alumni yang terhubung ke perusahaan atau industri tertentu yang Anda minati, dekati mereka dengan percaya diri.

Menyebutkan secara singkat bahwa Anda kuliah di perguruan tinggi yang sama adalah cara yang bagus untuk memicu percakapan.

3 dari 6 halaman

Bergabung dengan Organisasi

Di perguruan tinggi, kelompok sosial dan klub sering dibangun dalam kehidupan kampus, tetapi untuk terus menjalin pertemanan baru dan memperluas jaringan Anda setelah lulus, Augustine menyarankan menggunakan situs web seperti Direktori Asosiasi, VolunteerMatch, dan Meetup untuk menemukan orang-orang dengan minat yang sama.

"Semakin besar jaringan Anda, semakin mudah untuk menemukan dan terhubung dengan orang lain yang dapat membantu Anda mencapai tujuan pencarian kerja Anda," katanya.

4 dari 6 halaman

Berinvestasi Dalam Pengembangan Profesional Anda

Anda mungkin juga ingin bekerja mengembangkan keterampilan baru untuk meningkatkan peluang Anda dipekerjakan untuk suatu posisi. Cari konferensi industri atau mulai kursus online gratis atau murah melalui platform seperti Courseera, edX, Skillshare atau Lynda.

Mulailah dengan memanfaatkan wawancara informasional. Ini berbeda dari wawancara kerja tradisional karena tujuannya adalah untuk mendapatkan wawasan tentang bidang yang Anda inginkan atau perusahaan tertentu, memungkinkan Anda untuk mengambil langkah-langkah untuk menjadi kandidat yang lebih berharga.

5 dari 6 halaman

Pertimbangkan Untuk Menjadi Pekerja Lepas

Baik itu membantu dengan nirlaba atau mengambil pekerjaan lepas tambahan, ada banyak pengalaman yang mungkin tidak penuh waktu tetapi bisa menjadi penguat resume yang hebat. Selain itu, mereka dapat menyebabkan koneksi baru yang dapat membuka pintu ke peluang kerja.

Saat mencari daftar lepas, periksa situs web seperti UpWork, Freelancer, Guru, dan Perekrut Perguruan Tinggi.

6 dari 6 halaman

Lihatlah resume Anda

"Pikirkan resume Anda sebagai dokumen pemasaran yang isinya telah dikuratori dengan hati-hati berdasarkan tujuan pekerjaan Anda, daripada catatan sejarah pekerjaan dan pendidikan Anda." kata Agustine.

Ini akan membantu melewati sistem pelacakan pelamar yang digunakan beberapa pengusaha. Sistem ini menyortir resume dan menyorot kandidat teratas dengan mencari kata kunci yang terkait dengan posisi yang dilamar.

Untuk dapat melewati sistem dan membuat resume Anda dilihat oleh mata manusia, pastikan untuk menyesuaikan resume Anda untuk setiap aplikasi dengan berfokus pada kualifikasi langsung yang relevan dengan peran yang Anda lamar.

  [bim]

Baca juga:
Kisah Kakek 72 Tahun Jadi Perawat Bangku Rotan Gereja Katedral
Berburu Pekerjaan di Job For Career Festival 2019
Pelajaran Karier dari Fandi Achmad, 5 Kali Pindah Kerja Sebelum Berusia 30 Tahun

Topik berita Terkait:
  1. Tips Sukses
  2. Pekerjaan
  3. Karir
  4. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini