6 Perusahaan Indonesia ini masuk tempat terbaik untuk bekerja se-dunia

Kamis, 25 Oktober 2018 06:00 Reporter : Merdeka
6 Perusahaan Indonesia ini masuk tempat terbaik untuk bekerja se-dunia Bank Mandiri. ©Istimewa

Merdeka.com - Majalah Forbes baru merilis daftar perusahaan terbaik di dunia untuk bekerja. 2.000 Perusahaan di dunia termasuk ke daftar tersebut. Pada daftar yang bertajuk World's Best Employers, ada sejumlah perusahaan Indonesia yang berada daftar tersebut. Bahkan, ada yang melewati peringkat yang diraih Nike, Ferrari, dan Netflix.

Forbes menganalisis 430.000 perusahaan untuk dicari siapa yang paling unggul. Para pegawai perusahaan pun diminta untuk menjawab pertanyaan seperti apakah mereka akan merekomendasikan tempat mereka bekerja pada orang lain.

Empat dari keenam perusahaan ini merupakan badan usaha milik negara (BUMN). Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Survei dan Konsultan Kementerian BUMN Gatot Trihargo mengatakan bahwa pengakuan sekaligus apresiasi dunia internasional terhadap kinerja BUMN tersebut merupakan salah satu bukti keseriusan BUMN untuk selalu mewujudkan visi jangka panjang sebagai penyedia layanan dan memiliki kinerja yang terbaik.

"Peringkat Forbes ini menunjukan bahwa BUMN Indonesia memiliki daya saing yang kuat dengan perusahaan top global lainnya. Kementerian BUMN senantiasa berkomitmen untuk selalu meningkatkan kinerja dan layanan seluruh BUMN. Termasuk juga memperkuat peran BUMN sebagai agen pembangunan," kata Gatot.

Mana saja 6 perusahaan Indonesia yang masuk daftar perusahaan terbaik di dunia? Berikut daftarnya seperti dilansir Forbes.

Reporter: Tommy Kurnia

Sumber: Liputan6

1 dari 6 halaman

Bank Mandiri

Bank Mandiri. Merdeka.com/Dwi Narwoko

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menjadi perusahaan terbaik nomor 1 di Indonesia, dan nomor 11 di dunia. Artinya, Mandiri berhasil mengungguli Volkswagen Group (peringkat 16) Mastercard (21), Nestle (29), Hilton(30), Coca-Cola (33), Ferrari (36) Facebook (45), Nike (49), Visa (71), Ford Motor (138), Yamaha (151), Prudential Financial (170), dan bahkan Tesla (208).

Saat ini, perseroan dipimpin oleh Kartika Wirjoatmodjo yang akrab dipanggil Tiko oleh kolega dan pegawai Bank Mandiri.

Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo mengaku bersyukur karena perusahaan yang dipimpinnya itu bisa bersanding dengan perusahaan top global dunia seperti Microsoft, Apple, BMW, Disney dan IBM.

Menurutnya, pencapaian Bank Mandiri dalam peringkat World's Best Employers Versi Forbes ini dikarenakan perseroan terus berupaya meningkatkan pengembangan karyawan baik dari aspek kebahagiaan, kapabilitas, hingga produktivitas.

"Pengembangan karyawan menjadi bagian dari fokus strategis manajemen. Kami percaya karyawan yang bekerja dengan happy, capable, engage dan productive adalah kunci keberhasilan manajamen dalam jangka panjang," ujar dia.

2 dari 6 halaman

BCA

Bank BCA. ©2014 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

PT Bank Central Asia Tbk berada di posisi 32. Dibangun pada 1955, bank swasta terbesar di Indonesia ini dipimpin oleh Jahja Setiaatmadja. Orang terkaya di Indonesia, Robert dan Budi Hartono memiliki saham yang signifikan di BCA, yaitu 55 persen.

Dengan posisi nomor 32, artinya bank satu ini menungguli perusahaan keuangan BlackRock (55), Visa (71), Shinhan Financial Group (116), dan Huaxi Bank (124).

3 dari 6 halaman

Gudang Garam

Karyawan PT Gudang Garam. ©2014 Merdeka.com

Berada di posisi 109, PT Gudang Garam Tbk berada di posisi tiga besar di antara perusahaan Indonesia. Hanya ada dua perusahaan tembakau yang masuk daftar tersebut, selain Gudang Garam terdapat nama ITC asal India yang berada satu tingkat di atas Gudang Garam.

Pemimpin Gudang Garam adalah Susilo Wonowidjojo. Saat ini, Susilo adalah orang terkaya nomor 4 di Indonesia. Gudang Garam juga berencana membangun Bandara Kediri dan menyiapkan dana sampai Rp 10 triliun.

4 dari 6 halaman

Telkom Indonesia

Telkom. © Itwire.com

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk berada di posisi 112. Di posisi tersebut, Telkom lebih unggul dibandingkan perusahaan software Oracle (118), JD.com (131), Sony (132), Nippon Telegraph & Tel (200),

Pada awal Agustus lalu, Telkom meluncurkan satelit Merah Putih dari Cape Canaveral, Air Force Station, Florida, AS. Satelit diterbangkan dengan roket buatan SpaceX. Saat ini, Telkom dipimpin oleh Alex Sinaga.

5 dari 6 halaman

BNI

BNI. ©2018 Merdeka.com

Selanjutnya terdapat PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk di posisi 157. Pada posisi ini, berarti BNI lebih unggu dari China Merchants Bank (160) dan raksasa internet Tiongkok, yaitu Tencent Holdings.

Dipimpin oleh Achmad Baiquni sejak 2015, BNI sukses menjadi mitra perbankan resmi dari perhelatan Asian Games 2018 dan kemudian Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia di Bali. Pada kuartal III 2018, perusahaan juga berhasil mencetak laba bersih sebesar Rp 11,4 triliun atau tumbuh 12,6 persen dari periode yang sama di tahun sebelumnya.

6 dari 6 halaman

BRI

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI mendapatkan peringkat 186. Dalam peringkat itu, BRI sudah berhasil mengalahkan Tesla (peringkat 208) dan Toyota Motor (213).

Berdiri sejak 1895, bank ini dipimpin oleh Suprajarto yang juga pernah menjabat sebagai Wakil Direktur Utama di BNI. Terkini, BRI sedang berusaha menyasar para milenial untuk memakai fitur pembayaran My QR yang mereka kembangkan.

  [bim]

Baca juga:
Pemilik nama tak biasa lebih diuntungkan dalam urusan karir, kok bisa?
Startup pendidikan ini sasar para karyawan yang ingin dongkrak skill
Enam pekerjaan yang dulu disepelekan yang sekarang banyak diincar
Validasi data formasi CPNS 2018 akan selesai akhir juli
Cara mendapatkan uang dari internet 2018 tanpa modal untuk pemula dengan Android

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini