6 Langkah Capai Target Dunia Bebas Emisi Karbon

Kamis, 4 November 2021 18:00 Reporter : Anisyah Al Faqir
6 Langkah Capai Target Dunia Bebas Emisi Karbon Menkeu Sri Mulyani. ©Humas Kemenkeu

Merdeka.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menghadiri pertemuan dengan CEO GFANZ (Glasgow Financial Alliance for Net Zero) bersama para menteri keuangan negara-negara dunia. Dalam pertemuan tersebut telah disepakati usulan 6 langkah mencapai target bebas emisi karbon dalam rangka penanganan perubahan iklim.

"Di dalam pertemuan para menteri keuangan dengan para CEO GFANZ telah diusulkan 6 (enam) langkah untuk mencapai ambisi net zero," kata Sri Mulyani dalam keterangan resminya, Jakarta, Kamis (4/11).

Enam usulan tersebut di antaranya, pertama, menetapkan target untuk mencapai target net zero pda tahun 2050 dan capaian interim pada tahun 2030. Kedua, melakukan komunikasi ke publik dan privat. Ketiga, mendorong G20 untuk menyusun rencana transisi yang kredibel.

Keempat, implementasi pengurangan subsidi untuk bahan bakar fosil. Kelima, mendorong aksi dan pelaporan dari Task Force for Climate action Disclosure pada tahun 2024. dan keenam, menyelaraskan isu transisi dengan Sustainable Development Goals (SDGs) termasuk perlindungan bio diversity.

Sri Mulyani mengatakan untuk mewujudkan usulan tersebut beberapa inisiatif dari sektor privat telah bersedia memberik dukungan. Rencananya program tersebut akan dilakukan di Indonesia dan India yang disponsori Bloomberg.

"Climate Action Leadership Initiative (CFLI) didukung oleh Bloomberg dan direncanakan proyeknya berada di India dan Indonesia," kata dia.

Pertemuan itu juga mendorong penyelesaian dan penerapan roadmap dari Sustainable Finance Working Group dalam Forum G20 dan mengundang dukungan MDBs untuk meningkatkan dana sektor swasta.

Selain itu, disampaikan juga adanya potensi dana finansial global sebesar USD 130 triliun. Dana ini dapat digunakan untuk membantu negara miskin dan berkembang untuk menuju transisi ke net zero.

"Ini lah kolaborasi dalam aksi perubahan iklim menuju net zero, dengan fokus memobilisasi modal privat untuk program transisi, khususnya di negara miskin dan berkembang," kata dia mengakhiri. [azz]

Baca juga:
ADB Apresiasi Upaya RI Hentikan PLTU Atasi Perubahan Iklim
Kejar Target Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca Butuh Dana Besar, Apa Solusinya?
Ketua DPR Sebut Kesepakatan Mengurangi Emisi Harus Diwujudkan, Termasuk Indonesia
Sri Mulyani Sebut RI Bisa Hentikan PLTU Hingga 2040, Ini Syaratnya
Kejar Target Bebas Emisi Karbon, Pemerintah Andalkan Lahan Gambut dan Mangrove
Pupuk Kaltim Tekan Emisi Karbon 683.520 Ton dalam Setahun

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini