6 Keuntungan F1 Powerboat Danau Toba Bagi Indonesia

Rabu, 25 Januari 2023 15:07 Reporter : Merdeka
6 Keuntungan F1 Powerboat Danau Toba Bagi Indonesia Danau Toba. ©Pixabay/Jo_FRS

Merdeka.com - Asisten Deputi Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Kosmas Harefa mengatakan, diselenggarakannya F1 Powerboat atau FI H20 World Series di Danau Toba akan memberikan 6 keuntungan bagi Indonesia. Salah satunya, promosi kepada target pasar wisatawan nusantara dan mancanegara.

"Hal ini mengingat kegiatan F1 Powerboat akan disiarkan secara LIVE di stasiun televisi nasional maupun internasional, yang kita harapkan menjadi ajang promosi yang nilainya luar biasa," kata Kosmas dalam acara Genposting: F1 Powerboat, Perkuat Potensi Wisata Danau Toba, Rabu (25/1).

Keuntungan kedua, ajang ini bisa membuka kesempatan bagi para pengusaha lokal untuk mengambil manfaat ekonomi dari penonton F1 Powerboat. Ketiga, membuka peluang masuknya para investor untuk membuka usaha baru dan membuka lapangan pekerjaan.

"Suksesnya even ini, dengan pergerakan ekonomi yang besar. Ini akan merangsang para investor untuk berinvestasi di sana, termasuk melihat peluang akomodasi ke depan," ujarnya.

Selanjutnya, keuntungan keempat, yaitu adanya peningkatan traffic wisatawan baik pada pra, during, dan pasca penyelenggaraan. Kelima, lokasi premium di Balige untuk perhelatan acara besar seperti konser, pernikahan, olahraga air dan sebagainya.

"Satu hal yang penting, penataan kawasan yang nilainya tidak sedikit lebih dari Rp 30 miliar kita gelontorkan melalui PUPR untuk menata kawasan penyelenggaraan event ini, tidak hanya kita bangun untuk kepentingan even ini, tapi kita ingin setelah event ini ada kegiatan-kegiatan besar yang bisa digelar di sana, maka sustainability ekonominya berputar," jelasnya.

Oleh karena itu, Kemenkomarves meminta kepada In Journey agar membangun komunikasi dengan Pemerintah Kabupaten agar tempat tersebut nantinya bisa dimanfaatkan untuk kegiatan-kegiatan besar lainnya. Ke enam, keuntungannya akan ada peningkatan waktu tinggal dan spending wisatawan yang hadir dengan spot-spot wisata premium di kawasan Danau Toba.

Reporter: Tira Santia

Sumber: Liputan6.com [azz]

Baca juga:
Perdana, F1 Powerboat Diselenggarakan di Danau Vulkanik Terbesar Dunia
F1 Powerboat, Kembalikan Potensi Wisata di Danau Toba
Ajang F1 H20 Toba 2023 Bakal Dongkrak Pariwisata dan Tumbuhkan Pengusaha UMKM
Sandiaga Uno Target Jumlah Turis China ke Indonesia Tembus 2.500 Orang per Hari
Dua Setengah Jam Menikmati Sejarah dan Senja di Jalan Braga
Jadi Provinsi Termiskin di Pulau Jawa, Yogyakarta Punya Desa Wisata Terbaik di Dunia

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini