5 Untung rugi rencana penyederhanaan golongan pelanggan PLN

Selasa, 14 November 2017 06:00 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo
PLN sambungkan litrik gratis untuk keluarga tidak mampu di Jepara. ©2017 merdeka.com/istimewa

Merdeka.com - Pemerintah bersama Perusahaan Listrik Negara (PLN) tengah menggodok rencana penyederhanaan golongan pelanggan listrik. Nantinya golongan 900 VA tanpa subsidi, 1.300 VA, 2.200 VA, dan 3.300 VA akan dihapus dan dialihkan menjadi 4.400 VA.

Sementara, golongan 4.400 VA hingga 12.600 VA dinaikkan dan ditambahkan dayanya menjadi 13.000 VA, serta golongan 13.000 VA ke atas dayanya akan di-loss stroom.

Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Andy Noorsaman Sommeng mengatakan Kementerian ESDM masih berkoordinasi dengan PT PLN untuk penerapan kebijakan penyederhanaan golongan listrik ini. ESDM pun akan mendengarkan rencana PLN untuk penyederhanaan golongan ini.

"Kita akan lihat. Besok kita rapatkan dengan PLN, kita sekarang kan masih kerja terus teman-teman DJK dan PLN," ujar Andy.

Dia menjelaskan perubahan golongan listrik tersebut tidak akan memberatkan masyarakat. Sebab, salah satunya, penyederhanaan golongan listrik tersebut tidak menyebabkan kenaikan biaya beban listrik atau abonemen.

Atas rencana ini, merdeka.com akan merangkum untung rugi untuk masyarakat yang telah mengemuka hingga sejauh ini. Selamat membaca.

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.