5 Tips Pertahankan Bisnis Tetap Untung di 2021

Kamis, 14 Januari 2021 06:00 Reporter : Merdeka
5 Tips Pertahankan Bisnis Tetap Untung di 2021 Ilustrasi sukses. ©2014 Merdeka.com/Shutterstock/aslysun

Merdeka.com - Pandemi Covid-19 meluluhlantahkan banyak usaha. Mayoritas pebisnis mengalami penurunan pendapatan bahkan ada beberapa yang gulung tikar.

Yelp melaporkan, bisnis yang sudah tutup mencapai angka 97.966, mewakili 60 persen bisnis yang tidak akan buka kembali. Bayangkanlah jika Anda berinvestasi ke begitu banyak perusahaan dan karena adanya virus, segalanya jadi melambat dan menurun hingga akhirnya bangkrut.

Memang saat ini sudah memasuki tahun baru, namun tidak ada yang tahu ke depannya akan terjadi hal apa lagi. Hal yang harus Anda lakukan sebagai seorang pebisnis adalah merencanakan dan membentengi bisnis agar kuat menghadapi masalah-masalah yang datang nantinya.Teruslah berinovasi.

Dengan berinovasi, Anda dapat lebih memuaskan para pelanggan. Jika Anda tidak berinovasi, tidak menutup kemungkinan bahwa pelanggan-pelanggan Anda akan pergi dan tentu Anda akan merasa kehilangan.

Steve Jobs pernah berkata, "Inovasi membedakan antara seorang pemimpin dan pengikut.". Itu berarti jika Anda ingin menjadi seorang pemimpin, khususnya dalam bisnis, teruslah berinovasi. Dengan begitu, Anda dapat memaksimalkan pemasaran, pengiriman produk, retensi pelanggan, dan lainnya.

Tahun 2021 menjadi tahun yang tentu berbeda dari tahun sebelumnya. Kemungkinan besar pun akan banyak tantangan baru yang harus dihadapi, terlebih untuk para pebisnis.

Berikut ini lima tips yang bisa Anda lakukan untuk bisa mempertahankan bisnis yang Anda jalankan, seperti melansir lama Enterpreneur:

Baca Selanjutnya: 1 Tetap Pasarkan Produk ke...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Tips Investasi
  3. Wirausaha
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini