5 Tips Jitu Kelola Keuangan Agar Tak Sengsara di Masa Tua

Senin, 30 Maret 2020 07:00 Reporter : Merdeka
5 Tips Jitu Kelola Keuangan Agar Tak Sengsara di Masa Tua Rupiah. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Bergelut di dunia usaha sangat kompetitif. Sebab itu semua orang harus menyiapkan rencana bisnisnya dengan baik.

Namun sebagai pengusaha tak hanya harus memikirkan kondisi di bisnis yang digeluti. Namun juga harus mempertimbangkan keuangan bagi diri sendiri atau keluarga. Seperti dana pensiun di hari tua atau kebutuhan lainnya.

Berikut lima tips terbaik yang bisa diterapkan oleh wirausahawan, untuk mengelola keuangan seperti mengutip laman entrepreneur.com:

1 dari 5 halaman

Tetapkan Tujuan Finansial

Pikirkan nominal target tabungan yang akan dikumpulkan. Tabungan tersebut, kelak bisa digunakan untuk berlibur atau membeli rumah. Berusahalah belajar untuk menyisihkan uang setiap bulan untuk menabung.

2 dari 5 halaman

Atur Anggaran

Sesuaikan antara penghasilan dengan pengeluaran biaya hidup. Pilih kebutuhan yang sangat diprioritaskan. Cara gampangnya dengan membagi penghasilan 50/30/20.

Sebanyak 50 persen untuk dana kebutuhan, 30 persen untuk keinginan, dan 20 persen untuk tabungan. Hal tersebut, bisa melatih diri agar tetap konsisten dalam membagi pengeluaran.

3 dari 5 halaman

Pintar Melihat Peluang Investasi

Pertimbangkan waktu yang tepat, kapan membeli hal yang besar dengan pengeluaran yang besar, seperti membeli rumah.

4 dari 5 halaman

Rencanakan Pensiun

Menabunglah sebanyak-banyaknya, agar bisa menargetkan dan memutuskan pensiun di usia yang diinginkan. Banyak wirausahawan muda yang bekerja keras, dan pensiun di usia 20-an, 30-an, atau 40-an.

5 dari 5 halaman

Terus Belajar

Banyak wirausahawan yang bingung dalam mengelola bisnis. Masih banyak hal yang harus dipelajari, yaitu istilah, akronim, implikasi hukum dan langkah yang harus diambil. Dari kebijakan asuransi jiwa hingga akun pasar uang, dan lainnya.

Agar tidak bingung, lakukan konsultasi dengan ahli seperti akuntan atau penasihat keuangan. Supaya keuangan sebagai wirausahawan dapat terkelola dengan baik.

Sumber: Liputan6

Reporter: Tira Santia [did]

Baca juga:
Redam Dampak Corona, Ini yang Harus Dilakukan Perusahaan untuk Karyawannya
Bisnis Ini Tetap Bisa Dilakukan Meski Ada Virus Corona
Jangan Lakukan 5 Hal Ini Jika Ingin Sistem Kerja dari Rumah Tetap Efektif

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Tips Keuangan
  3. Tips Sukses
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini