5 Kesalahan wajib dihindari agar untung punya kartu kredit

Jumat, 6 Juli 2018 07:00 Reporter : Merdeka
5 Kesalahan wajib dihindari agar untung punya kartu kredit Ilustrasi ATM dan kartu Kredit. Ilustrasi shutterstock.com

Merdeka.com - Memiliki kartu kredit membuat Anda turut merasakan dua sisi efek yang sangat berbeda. Selain bisa menguntungkan karena memberikan kemudahan bertransaksi secara virtual sekaligus memberikan dana segar, namun di sisi lain juga bisa merugikan bila tidak bijak dalam penggunaannya.

Tentu bukan tanpa sebab jika kartu kredit itu justru malah merugikan. Dan yang pasti adalah karena kesalahan yang fatal dalam penggunaannya. Meski sebenarnya kartu kredit itu bisa menguntungkan bagi pemiliknya apabila bisa mengindari kesalahan penggunannya.

Seperti dikutip dari Cermati.com, agar diuntungkan memiliki kartu kredit, hindari kesalahan penggunaan kartu kredit berikut ini.

Reporter: Fitriana Monica Sari

Sumber: Liputan6

1 dari 5 halaman

Lebih suka bayar minimum payment

rupiah. shutterstock

Apakah Anda lebih suka membayar tagihan kartu kredit dari jumlah minimum payment? Jika ya, maka Anda harus segera mengubah kebiasaan terebut. Karena kesalahan kecil ini, Anda akan menanggung beban bunga lebih besar pada tagihan-tagihan selanjutnya.

Dengan demikian, utang Anda dari kartu kredit pun akan membengkak pada akumulasi di bulan-bulan berikutnya. Nah, jika Anda tak menyadari kesalahan kecil ini, maka bersiaplah menuai konsekuensi buruk masuk dalam lilitan utang tak berujung. Maka dari itu, baiknya bayar secara lunas dari setiap tagihan yang ada.

2 dari 5 halaman

Suka menunda pembayaran tagihan

Rupiah. ©2013 Merdeka.com

Bukan hanya denda saja yang harus Anda tanggung jika bayar tagihan lewat dari tanggal jatuh tempo, tetapi Anda pun masih dibebani bunga yang ikut berbunga. Inilah kesalahan yang selalu disepelekan.

Jika hanya sekali waktu mungkin tak terlalu terasa, tapi jika terlalu sering bisa membuat tagihan membludak. Belum lagi telepon masuk dari bank yang akan memburu Anda siang malam. Oleh karena itu, jangan pernah menunda dan disiplinlah dalam melakukan pembayaran tagihan kartu kredit.

Agar tak telat bayar, Anda juga bisa menggunakan fitur pembayaran otomatis yang akan diambil langsung dari rekening tabungan pribadi Anda. Dengan demikian, tak akan ada lagi kekawatiran telat bayar tagihan.

Selain itu jika bayar tagihan sebelum tanggal pembukuan transaksi, maka Anda tak perlu membayar bunga. Maka jadilah nasabah yang cermat dan teliti ketika menggunakan kartu kredit.

3 dari 5 halaman

Punya kartu kredit banyak

Ilustrasi ATM dan kartu Kredit. Ilustrasi shutterstock.com

Mengontrol satu kartu kredit saja bisa mengalami kesulitan bila tak disiplin, apalagi lebih dari satu. Bukan hal yang mustahil bila Anda akan kesulitan mengontrolnya. Belum lagi kalau tagihannya telat dibayarkan, bisa-bisa hasil kerja keras Anda siang malam habis hanya untuk bayar utang kartu kredit saja tanpa bisa menikmati jerih payahnya.

Coba pikirkan kembali keuntungan apa yang diberikan kartu kredit tersebut. Alangkah baiknya bila memiliki kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Sehingga pemanfaataannya pun bisa Anda maksimalkan.

Sebab dengan memiliki banyak kartu kredit, artinya sama mengoleksi utang. Dan kesalahan ini terkadang banyak tak disadari pengguna kartu kredit. Padahal menurut pakar keuangan, idealnya dua kartu kredit saja sudah cukup. Pilih dari dua penerbit kartu yang berbeda agar fasilitas yang didapat bisa saling melengkapi.

4 dari 5 halaman

Tak peduli riwayat transaksi

Ilustrasi ATM dan kartu Kredit. Ilustrasi shutterstock.com

Menggunakan kartu kredit memang memberikan kemudahan untuk bertransaksi sehingga apapun bisa dilakukan hanya dalam sekali gesek. Tetapi terkadang karena saking antusiasnya, Anda tak lagi memerhatikan transaksi apa saja yang dilakukan dengan kartu kredit hingga tagihan membengkak.

Transaksi belanja yang Anda lakukan dengan kartu kredit memang akan tercatat langsung pada catatan pembukuan di bank. Namun bukan berarti Anda boleh mengabaikannya dan mengangapnya tak penting untuk diingat-ingat. Ini jelas keliru, jika Anda tidak cermat dalam mengetahui riwayat transaksi, bisa-bisa tagihan dan bunga pun semakin menumpuk tanpa Anda sadari.

Berbeda jika Anda lebih cermat mencatat transaksi, Anda akan lebih bisa tahu kenapa jumlah tagihan membludak. Selain itu, juga bisa untuk mengontrol pebelanjaan agar tetap sesuai dengan anggaran belanja sehingga tak membuat Anda kewalahan.

5 dari 5 halaman

Memakainya seperti menggunakan kartu debit

Ilustrasi ATM dan kartu Kredit. Ilustrasi shutterstock.com

Salah satu kelebihan kartu kredit ialah bisa digunakan untuk mengambil uang tunai seperti halnya kartu debit. Ketika mengambil uang tunai dengan kartu debit, Anda tak akan dikenakan biaya tambahan.

Berbeda jika yang digunakan ialah kartu kredit. Dalam sekali tarik tunai dengan kartu kredit, maka Anda akan dibebani bunga yang cukup tinggi pada tagihan kartu kredit Anda nantinya.

Menggunakan kartu kredit memang seperti mengunakan pisau bermata dua, jika tak pandai dan cermat, maka kesalahan kecil bisa merugikan diri sendiri. Begitu juga sebaliknya, jika Anda bijak dalam penggunaannya, maka berbagai manfaat dan keuntungkan bisa Anda rasakan. Pahami dengan baik kebiasaan apa saja yang harus dihindari dalam penggunaan kartu kredit, dan manfaatkan secara maksimal.

  [bim]

Baca juga:
BRI targetkan penerbitan kartu kredit capai 300.000 di 2018
Kini, konsumen Tokopedia bisa bayar kredit pakai Kredivo
Hindari 4 kesalahan memakai kartu kredit agar tak rugi
Penunggak kartu kredit di China bakal dilarang naik kereta api
Pasutri dan seorang IRT ditangkap polisi karena palsukan KTP buat ajukan kredit
Penggunaan kartu kredit dalam pembayaran belanja K/L tingkatkan transparansi

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini