5 Ilmuwan anak bangsa bikin bangga Indonesia di mata dunia

Kamis, 12 Oktober 2017 06:00 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo
ilmuwan. ©2017 REUTERS/Rodrigo Garrido

Merdeka.com - Kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia kembali diterpa kabar tidak mengenakan. Ialah Dwi Hartanto, seorang ilmuwan Indonesia yang tengah menempuh pendidikan di Belanda, belum lama ini ketahuan melakukan klaim prestasi palsu.

Dwi mengklaim sebagai kandidat profesor di Technische Universitet (TU) Delft, Belanda, yang diminta untuk mengembangkan pesawat jet tempur generasi keenam. Jika jadi pesawat ini akan berada jauh di atas F-35 atau Sukhoi SU-50. Namun, klaim ini bohong belaka. Dwi mengakui proyek soal jet generasi keenam ini tak pernah ada.

Dwi juga mengaku beberapa paten yang diakuinya di media sosial cuma bohong belaka. Dwi pernah memposting dirinya mengenakan kartu pengenal dengan jabatan Direktur Tehnik di European Space Research and Technology Centre. Rupanya itu cuma karangan Dwi saja.

"Dengan demikian tidak benar saya adalah satu-satunya orang non-Eropa di ring satu ESA/ESTEC," tulis Dwi dalam surat permohonan maafnya yang dimuat di situs resmi PPI Delft.

Untungnya banyak ilmuwan lain dari Indonesia yang benar-benar berprestasi dan diperhitungkan dunia. Siapa saja putra bangsa yang sukses mengharumkan nama Indonesia? Berikut merdeka.com akan merangkum lima diantaranya yang dikutip dari berbagai sumber.

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.