5 Fakta Penerapan SNI Masker Kain, Termasuk Buat Susah Pengusaha Kecil Saat Pandemi

Rabu, 30 September 2020 07:30 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo
5 Fakta Penerapan SNI Masker Kain, Termasuk Buat Susah Pengusaha Kecil Saat Pandemi Unik dan Kreatif, Warga Desa Ini Bikin Masker Kain Motif Khas Batak. liputan6.com ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) tengah merumuskan Standar Nasional Indonesia (SNI) masker kain untuk menjaga kualitas dan melindungi masyarakat secara optimal dari penularan wabah Covid-19. Ini perlu dilakukan mengingat masker kain kini menjadi alternatif di tengah keterbatasan masker medis.

Pada 16 September 2020, SNI yang disusun Kemenperin tersebut telah mendapatkan penetapan Badan Standardisasi Nasional (BSN) sebagai Standar Nasional Indonesia (SNI) 8914:2020 Tekstil - Masker dari kain melalui Keputusan Kepala BSN Nomor No.408/KEP/BSN/9/2020.

SNI ini menjadi pedoman bagi industri dalam negeri yang menentukan capaian minimum kualitas hasil produksinya sekaligus menjadi standar minimum bagi produk impor.

"Dengan standar mutu dan pengujian yang jelas serta prosedur pemakaian, perawatan dan pencucian yang termuat dalam SNI masker dari kain ini, masyarakat dapat lebih terlindungi sekaligus membantu memutus mata rantai penyebaran virus COVID-19," jelas Menteri Perindustrian (Menperin), Agus Gumiwang Kartasasmita.

Berikut sejumlah fakta yang dirangkum merdeka.com atas penerapan aturan SNI masker kain oleh pemerintah tersebut.

Baca Selanjutnya: 1 Kemampuan Modal Pengusaha Kecil...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini