5 Fakta Mencengangkan di Balik Sampah Plastik Milik Indonesia

Selasa, 18 Desember 2018 07:00 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo
5 Fakta Mencengangkan di Balik Sampah Plastik Milik Indonesia Sampah plastik cemari laut Jakarta. ©2018 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo ( Jokowi) mengajak masyarakat di kawasan Asia Timur dan Asia Tenggara mengatasi permasalahan sampah plastik di lautan. Menurut Presiden Jokowi, laut dan samudera merupakan tanggung jawab dan masa depan seluruh negara.

"Penting bagi kita untuk terus meningkatkan kerja sama di bidang maritim. Salah satu isu yang menjadi tantangan bagi semua negara antara lain 'marine plastic debris'," kata Presiden Jokowi dalam penyataannya saat jamuan makan siang KTT Asia Timur (EAS) di Pusat Konvensi Suntec, Singapura.

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti mengingatkan bahwa sampah plastik di lautan Nusantara merupakan persoalan besar bagi umat manusia. Oleh karena itu, semua pihak harus berkontribusi mengatasinya.

Menteri Susi berharap agar semakin banyak masyarakat yang menyadari dan tidak lagi menggunakan beragam jenis plastik dalam kehidupan sehari-hari. Berikut Merdeka.com akan merangkum sejumlah fakta unik di balik keberadaan sampah plastik milik Indonesia.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini