5 Fakta Menarik Tentang Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim Jelang Resign

Kamis, 10 Januari 2019 07:00 Reporter : Merdeka
5 Fakta Menarik Tentang Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim Jelang Resign Jokowi bincang santai dengan Presiden Bank Dunia. ©2018 Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim (Kim Yong) mengundurkan diri terhitung mulai 1 Februari 2019. Enam tahun, dia telah memimpin lembaga keuangan internasional ini.

Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan, mengaku setelah mendengar kabar tersebut dia pun mengontak Jim Yong Kim secara pribadi. Berdasarkan pembicaraan mereka berdua, Menko Luhut mengatakan bahwa Jim berencana untuk bergabung dengan institusi swasta yang fokus pada investasi infrastruktur di negara-negara berkembang.

"Tadi saya telepon dengan Presiden World Bank yang resign, saya tanya kenapa Anda resign. Dia bilang saya mau resign karena dengan partner mau buat satu infrastructure fund untuk emerging market," kata dia.

Jim memiliki kisah menarik sepanjang kariernya. Dalam kunjungannya ke Bali di ajang pertemuan IMF dan Bank Dunia 2018, pria kelahiran Seoul ini mengungkapkan beberapa hal menarik. Salah satunya kutipan Soekarno yang ia anggap menginspirasi.

Ini 5 fakta menarik mengenai Presiden Bank Dunia, Jim Yong Kim, dilansir dari berbagai sumber seperti Foreign Policy, BBC, World Bank, China Morning Post.

Reporter: Tommy Kurnia

Sumber: Liputan6

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini