5 Fakta Menarik Tentang Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim Jelang Resign

Kamis, 10 Januari 2019 07:00 Reporter : Merdeka
5 Fakta Menarik Tentang Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim Jelang Resign Jokowi bincang santai dengan Presiden Bank Dunia. ©2018 Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim (Kim Yong) mengundurkan diri terhitung mulai 1 Februari 2019. Enam tahun, dia telah memimpin lembaga keuangan internasional ini.

Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan, mengaku setelah mendengar kabar tersebut dia pun mengontak Jim Yong Kim secara pribadi. Berdasarkan pembicaraan mereka berdua, Menko Luhut mengatakan bahwa Jim berencana untuk bergabung dengan institusi swasta yang fokus pada investasi infrastruktur di negara-negara berkembang.

"Tadi saya telepon dengan Presiden World Bank yang resign, saya tanya kenapa Anda resign. Dia bilang saya mau resign karena dengan partner mau buat satu infrastructure fund untuk emerging market," kata dia.

Jim memiliki kisah menarik sepanjang kariernya. Dalam kunjungannya ke Bali di ajang pertemuan IMF dan Bank Dunia 2018, pria kelahiran Seoul ini mengungkapkan beberapa hal menarik. Salah satunya kutipan Soekarno yang ia anggap menginspirasi.

Ini 5 fakta menarik mengenai Presiden Bank Dunia, Jim Yong Kim, dilansir dari berbagai sumber seperti Foreign Policy, BBC, World Bank, China Morning Post.

Reporter: Tommy Kurnia

Sumber: Liputan6

1 dari 5 halaman

Cinta Pendidikan

Jokowi terima Delegasi World Bank. ©rusman/setpres

Kim-songsaenim atau nama asli Jim Yong Kim, merupakan tokoh yang mencintai pendidikan. Dia percaya menggunakan uang untuk pendidikan merupakan investasi terbaik.

Dalam pidatonya di ajang temu IMF-Bank Dunia 2018, Kim memberi contoh pada kasus di negaranya sendiri. Bahkan, dia mengungkapkan Bank Dunia sempat "marah" karena dulu Korsel memakai dana Bank Dunia untuk pendidikan, padahal ditujukan untuk sektor lain.

Dia bercerita, ketika itu Korea Selatan bukan negara maju dan tingkat literasi rendah, sekarang dia bisa berbangga karena tingkat literasi di negerinya sudah sangat tinggi. Salah satunya melalui pemakaian dana Bank Dunia.

2 dari 5 halaman

Pernah Mengutip Ucapan Bung Karno

Jokowi terima Delegasi World Bank. ©rusman/setpres

Jim Yong Kim turut menghadiri Pertamuan IMF-Bank Dunia yang berlangsung di Bali. Saat memberikan pidato di ajang ini, dia  sempat mengutip pidato Presiden Pertama Indonesia, Soekarno.

Ucapan itu dilontarkan Bung Karno ketika Indonesia menjadi tuan rumah Konferensi Asia-Afrika di Bandung pada 1955.

"Presiden Soekarno menantang para pemimpin agar tidak dipandu oleh ketakutan mereka. Saya kutip: Dipandulah dengan harapan dan tekad, dipandulah dengan cita-cita dan, ya, dipandulah dengan impian," ucap Kim menirukan Soekarno.

3 dari 5 halaman

Ternyata Seorang Dokter

Ilustrasi dokter. ©Shutterstock.com/Dan Kosmayer

Siapa sangka presiden Bank Dunia juga merupakan seorang dokter? Malah, dia pernah menjadi Ketua Fakultas Kesehatan Global dan Kedokteran Sosial di Universitas Harvard.

Menurut Britannica, ayah Kim merupakan dokter gigi, dan sang ibu merupakan ahli dalam filsafat Konghucu dan memiliki gelar Ph.D.

Kim berkuliah di Universitas Brown di Rhode Island dan mengambil jurusan biologi manusia. Dia lulus dengan gelar magna summa cum laude. Selain aktif di bidang kedokteran, dia ternyata mencintai bidang antropologi dan memiliki Ph.D di bidang itu.

4 dari 5 halaman

Sempat Tuntut Bank Dunia Tutup

Protes World Bank. ©2013 Merdeka.com

Kim sempat mengaku membenci Bank Dunia. Ini karena dia melihat Bank Dunia tidak sensitif ketika meminta negara-negara berkembang untuk memotong anggaran dalam rangka efisiensi program.

Akibatnya, kesehatan masyarakat pun jadi terganggu. "Saya sebetulnya sempat turun dalam protes dan mencoba menutup Bank Dunia," ujar Kim seperti dilansir Foreign Policy.

5 dari 5 halaman

Berseteru Dengan Trump?

Donald Trump. ©businessinsider

Jim Yong Kim akrab bermain golf dengan Presiden Barack Obama. Dia juga terpilih menjadi presiden Bank Dunia di era Obama.

Sempat muncul anggapan bahwa mundurnya Kim dipengaruhi Presiden Donald Trump, terutama dalam isu lingkungan. Kim dikenal anti pada batubara, sementara Trump mendukung komoditas tersebut.

Tetapi anggapan itu telah dibantah, dan dijelaskan bahwa Kim mundur atas keinginannya sendiri. Sekarang, Donald Trump mendapat peluang memilih Presiden Bank Dunia pilihannya.

  [bim]

Baca juga:
Bantah Kajian Bank Dunia Kualitas Infrastruktur RI Turun, Ini Pembelaan Menko Luhut
Ditelepon Menko Luhut, ini Alasan Presiden Bank Dunia Lepas Jabatan
Komentar Sri Mulyani Soal Pengunduran Diri Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim
Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim Mengundurkan Diri Setelah 6 Tahun Menjabat
Penjelasan Menteri Sri Mulyani Soal Kajian Infrastruktur RI Oleh Bank Dunia
Bank Dunia: Laporan Internal Pembangunan Infrastruktur RI Sudah Lama
Kaleidoskop 2018: Pertemuan IMF-World Bank Bali, Momentum Unjuk Gigi RI Pada Dunia

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini