5 Fakta gaji ke-13 dan 14 PNS, pertama kali dalam sejarah Indonesia

Selasa, 17 Mei 2016 07:00 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo
5 Fakta gaji ke-13 dan 14 PNS, pertama kali dalam sejarah Indonesia Ilustrasi PNS. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Pemerintah Jokowi-JK kembali memanjakan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Kali ini dalam bentuk kebijakan memberikan Tunjangan Hari Raya (THR). Pemberian THR di luar dari gaji ke-13 yang biasa diberikan kepada PNS setiap tahunnya.

Kebijakan pemberian THR rencananya mulai diberlakukan tahun ini. "Tahun depan (2016) PNS akan mendapatkan THR," ujar Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro di Jakarta.

Pemberian THR tersebut, kata dia, di luar dari pemberian gaji ke-13 PNS yang diberikan setiap tahunnya. Dengan pemberian THR, maka PNS menerima gaji sebanyak 14 kali dalam setahun.

"Besarannya nanti. Pokoknya ada THR yang tadinya engga ada. Gaji ke-13 tetap ada," ucapnya.

Berikut merdeka.com akan merangkum sejumlah fakta di balik rencana pemberian gaji ke-13 dan 14 tahun ini.

1 dari 5 halaman

Pemberian gaji ini pertama kali dalam sejarah

PNS. datakudatamu.wordpress.com

Pemerintah tengah menyiapkan peraturan pemerintah (PP) mengenai pemberian gaji ke-13 dan Tunjangan Hari Raya (THR), atau yang sering disebut dengan Gaji ke-14 kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS). Jika terwujud, maka Presiden Joko Widodo akan menjadi kepala negara pertama yang memberikan fasilitas ini kepada para bawahannya.

Kepala Bidang Penyiapan Perumusan Kebijakan Gaji dan Tunjangan SDM Aparatur Kementerian PANRB, Hidayah Azmi Nasution, mengatakan saat ini Rancangan PP (RPP) tentang Pemberian THR Tahun Anggaran 2016 dan RPP tentang Pemberian Gaji Ke-13 sedang dalam proses harmonisasi di Kementerian Hukum dan HAM.

2 dari 5 halaman

Kenaikan gaji baru terjadi saat pertumbuhan capai 7 persen

PNS. www.pdk.or.id

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo sempat mewacanakan adanya kenaikan gaji, namun belum bisa direalisasikan. Pasalnya, harus menunggu pertumbuhan ekonomi mencapai 7 persen.

Kepala Bidang Penyiapan Perumusan Kebijakan Gaji dan Tunjangan SDM Aparatur Kementerian PANRB, Hidayah Azmi Nasution, mengatakan THR merupakan pengganti dari kenaikan gaji PNS setiap tahunnya, dan sering disebut gaji ke-14.

3 dari 5 halaman

Pemberian gaji ke-13 dan 14 tunggu restu Presiden Jokowi

Jokowi. ©2014 Merdeka.com

Saat ini, Rancangan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Pemberian THR Tahun Anggaran 2016 dan RPP tentang Pemberian Gaji Ke-13 tersebut sedang dalam proses harmonisasi di Kementerian Hukum dan HAM.

Kepala Bidang Penyiapan Perumusan Kebijakan Gaji dan Tunjangan SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi, Hidayah Azmi Nasution mengatakan, setelah harmonisasi RPP tersebut akan dikembalikan lagi ke Kementerian PAN-RB kemudian diajukan ke Presiden.

Hidayah mengakui, dalam RPP tersebut tertulis, bahwa pemberian THR dan gaji ke-13 akan dibayarkan pada bulan Juli mendatang. "Namun untuk kepastian diberikan sebelum atau sesudah lebaran belum ada," jelas Hidayah, seperti dikutip dari lamat Setkab di Jakarta.

4 dari 5 halaman

Gaji ke-14 lebih kecil dibanding 13

pns. ©sijaka.files.wordpress.com

Kepala Bidang Penyiapan Perumusan Kebijakan Gaji dan Tunjangan SDM Aparatur Kementerian PANRB, Hidayah Azmi Nasution, menjelaskan besaran THR atau gaji ke-14 lebih kecil dari gaji ke-13, yakni satu kali gaji pokok.

Sedangkan untuk gaji ke-13 meliputi gaji pokok, tunjangan jabatan, dan tunjangan lain, seperti penghasilan PNS yang biasa diterima setiap bulan.

5 dari 5 halaman

Gaji ke-14 cair jelang penerimaan siswa baru sekolah

pns. ©perak.jombangkab.go.id

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo sedang mengupayakan wacana gaji ke-14 untuk para Pegawai Negeri Sipil (PNS) bisa diwujudkan. Jika disetujui pemerintah, waktu pencairan gaji ke-14 akan dilakukan menjelang penerimaan siswa sekolah baru.

"Jadi kok gaji ke-14. Kalau gaji ke-13 itu pada saat lebaran, mungkin gaji ke-14 ini pada masa jelang masuk sekolah. Itu kewenangannya Kementerian Keuangan," kata Tjahjo di kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Dia menambahkan, gaji ke-14 ini menjadi ekstra pemasukan bagi para pegawai. [bim]

Baca juga:
Jokowi bakal jadi presiden pertama pemberi gaji ke-13 plus THR PNS
Ahok gaji kurir surat mencapai Rp 9,5 juta per bulan
Pemprov DKI akui 332 data PNS perlu diverifikasi satu per satu
Bupati Dedi ngamuk ancam tak cairkan gaji kepala desa di Purwakarta
Wali Kota Solo menentang ide gaji PNS disunat buat Rio Haryanto
Kemendagri: Ada Pemda alokasikan 78 persen belanja untuk gaji PNS
Menteri Susi curhat ke Jokowi minta PNS KKP naik gaji 2 kali lipat

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini