5 Fakta di balik pemberian THR pekerja swasta dan PNS tahun ini

Rabu, 7 Juni 2017 07:00 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo
5 Fakta di balik pemberian THR pekerja swasta dan PNS tahun ini Uang Rupiah baru. ©2016 merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Asman Abnur mengatakan, gaji ke-13 dan ke-14 atau Tunjangan Hari Raya (THR) untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) akan cair sebelum Lebaran 2017. Besaran gaji ke-13 dan ke-14 yang akan diterima oleh aparatur negara tahun ini, tidak akan dikurangi dari jumlah besaran yang dibayarkan tahun 2016 lalu.

"Pokoknya kita enggak mengurangi apa yang sudah diterima selama ini. Tahun lalu kan, gaji ke-13 dan ke-14 kan ada. Jadi tinggal masalah peraturan saja," ujarnya.

Sementara, Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) mengimbau para pekerja tidak perlu mengkhawatirkan pembayaran THR. Apindo janji THR akan diberikan dua minggu menjelang Lebaran.

"Kami sudah memberikan imbauan kepada para pengusaha untuk segera membayarkan THR," kata Ketua Apindo Jawa Tengah Frans Kongi.

Menteri Ketenagakerjaan, Hanif Dhakiri, mengimbau pemberi kerja membayarkan THR maksimal 7 hari sebelum Lebaran. Hal ini telah diatur dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 6 Tahun 2016 tentang THR keagamaan bagi pekerja atau buruh di perusahaan.

"Jadi H-7 Lebaran harus semuanya dibayarkan, namanya hak maka tak ada lagi diskusi, tinggal dibayarkan saja," tuturnya.

THR tentu sangat ditunggu oleh seluruh pekerja saat ini, baik di swasta maupun pemerintahan. Berikut merdeka.com akan merangkum sejumlah fakta yang berada di baliknya.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini