5 Bisnis ini cocok untuk remaja jadi pengusaha muda

Senin, 2 Juli 2018 06:00 Reporter : Siti Nur Azzura
5 Bisnis ini cocok untuk remaja jadi pengusaha muda remaja. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Menjadi pengusaha tidak perlu menunggu hingga usia kita lebih dari 30 tahun. Di usia muda pun, seseorang juga bisa menjadi pengusaha meski dalam bisnis yang tidak terlalu besar.

Jika Anda berminat untuk terjun ke dalam sebuah bisnis, pastikan memilih jenis bisnis yang paling tepat. Hal ini akan membuat Anda lebih nyaman dan merasa lebih siap untuk terjun ke dunia bisnis itu sendiri.

Jika bisnis dimulai dengan persiapan dan juga perencanaan yang matang sejak awal, maka Anda akan bisa mengelolanya dengan lebih mudah dan hasil maksimal.

Berikut 5 bisnis yang cocok bagi remaja agar bisa jadi pengusaha muda, dikutip Cermati.

1 dari 5 halaman

Bisnis kue kering

Ilustrasi kue kering. ©Shutterstock/Kati Molin

Remaja dan camilan, ini menjadi dua hal yang akan sulit dipisahkan. Anda bisa menjadikan hal tersebut sebagai ide bisnis Anda, apalagi jika ternyata Anda memiliki kemampuan yang baik dalam membuat kue kering dan camilan lainnya yang banyak disukai orang.

Pilihlah jenis kue kering atau camilan yang unik, enak, dan tidak membosankan. Sehingga Anda bisa memasarkannya dengan mudah dan tidak memiliki banyak saingan untuk jenis camilan yang sama. Jika ditekuni dengan serius, bisnis ini bisa memberikan keuntungan yang lumayan besar.

2 dari 5 halaman

Bisnis handycraft

kerajinan tangan. ©2012 Merdeka.com/dwi narwoko

Jika Anda memiliki kemampuan yang baik dalam membuat berbagai macam kerajinan tangan, atau memiliki ketertarikan terhadap kerajinan tangan yang menarik. Maka bisnis handycraft ini akan sangat cocok buat Anda.

Anda bisa menuangkan semua kreativitas di dalam produk-produk yang Anda ciptakan. Semakin unik sebuah produk, maka tentu akan semakin mudah untuk mendapatkan pasar.

3 dari 5 halaman

Bisnis di bidang fotografi

fotografer. shutterstock

Menjadi seorang fotografer juga bisa Anda jadikan sebagai pilihan untuk mendapatkan penghasilan. Penghasilan yang bisa Anda dapatkan dari bisnis ini akan cukup besar, sebab jasa fotografer memang tidak bisa dikatakan murah.

Jika ingin lebih simpel dan mudah dalam mendapatkan pesanan, Anda bisa bergabung dengan Event Organiser (EO) tertentu yang biasanya memiliki banyak proyek dan kerap membutuhkan tambahan jasa fotografer.

Namun jika ingin berbisnis mandiri, Anda bisa saja menawarkan jasa Anda secara online. Anda bisa memanfaatkan sosial media Anda semaksimal mungkin, atau bahkan melakukan promosi dari mulut ke mulut.

4 dari 5 halaman

Layanan penitipan hewan

jasa penitipan hewan. ©2013 Merdeka.com

Bagi Anda penyuka binatang, maka bisnis ini sangat cocok untuk Anda tekuni. Jika membuka bisnis penitipan hewan peliharaan, pastikan Anda juga memiliki kemampuan yang baik dalam merawat dan menjaga mereka.

Sehingga Anda tidak akan kebingungan dan kerepotan sendiri nantinya. Sebab, ada beberapa jenis hewan peliharaan mungkin akan membutuhkan perlakuan khusus.

5 dari 5 halaman

Toko online

5 bisnis online shop di usia muda. ©2015 Merdeka.com

Ini jenis bisnis yang sudah sangat banyak dijalankan oleh remaja, namun tidak ada salahnya untuk menjadikannya sebagai bahan pertimbangan. Sebab bisnis online masih saja menjanjikan hingga sekarang. Pilih produk yang tepat dan bisa dijual dengan mudah, agar bisnis online Anda berjalan dengan baik dan lancar. [azz]

Baca juga:
Ingin karir Anda menanjak, kuasai 5 hal ini
Tips bangkitkan semangat kerja usai libur Lebaran

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini