5 Bandara dengan fasilitas bintang lima di dunia

Jumat, 19 April 2013 08:30 Reporter : Ririn Radiawati
5 Bandara dengan fasilitas bintang lima di dunia changi airport. ©shutterstock.com

Merdeka.com - Insiden Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang bocor memang sangat memalukan. Apalagi bandara di Indonesia memang belum bisa masuk dalam jajaran terbaik sejagat menurut lembaga survei penerbangan Skytrax.

Meski begitu, bukan hal mustahil jika suatu bandara mempunyai fasilitas bak bintang lima. Bahkan, beberapa fasilitas yang tidak ditemui di dalam hotel pun tersedia di situ.

Tujuannya, agar penumpang merasa nyaman dan betah berada di bandara. Bagaimana bisa nyaman jika penumpang mendapati toilet yang sangat kotor atau lantai yang basah? Rasa penat sepanjang perjalanan tidak hilang, malah semakin bertambah karena fasilitas yang tidak memadai.

Berikut lima bandara yang telah mendapatkan predikat bintang lima oleh Skytrax. Mari kita intip apa saja fasilitas bandara tersebut sehingga bisa membuatnya seperti hotel bintang lima.

2 dari 6 halaman

Bandara Changi, Singapura

singapura rev2

Bandara yang menjadi bandara terbaik sejagat versi Skytrax ini memang mempunyai fasilitas yang lengkap. Di bandara ini, terdapat pusat medis yang bisa digunakan jika Anda kurang enak badan. Tak tanggung-tanggung, grup medis tersebut berada di tiga terminal bandara ini.

Tiga ruang mushala juga tersedia di bandara ini. Selain itu, di Changi juga terdapat tiga fasilitas lounge untuk Anda yang ingin mandi sekaligus fitnes dan spa. Sayangnya, untuk menggunakan fasilitas ini, Anda harus membayar.

Di lounge ini, Anda juga bisa rileks dengan cara tidur barang sebentar. Beberapa lounge tersebut menyediakan kursi yang empuk tempat Anda beristirahat.

Jika Anda membawa anak Anda dalam perjalanan, jangan khawatir, di Changi terdapat beberapa hiburan untuk anak-anak. Antara lain adalah taman kupu-kupu, seni interaktif, bioskop dan beberapa fasilitas lain.

3 dari 6 halaman

Bandara Incheon, Korea Selatan

korea selatan rev2

Fasilitas bandara ini terhitung lengkap. Tempatnya yang luas memungkinkan penumpang untuk tidak berdesakan saat memproses penerbangan. Selain itu, pusat-pusat pertokoan tersebar terminal yang terdiri dari empat lantai itu.

Terminal bandara ini terdiri dari panjang 420 meter dan lebar 120 meter dan tinggi 19,65 meter.

Selain itu, akses transportasi publik yang mumpuni juga mendukung Incheon yang menjadi bandara paling bagus sejagat ini. Akses Seoul yang berjarak 76 kilometer dari Incheon bisa ditempuh hanya dengan kurang dari satu jam perjalanan menggunakan kereta khusus bandara.

Menurut Skytrax, lembaga yang menobatkan Incheon sebagai bandara terbaik 2012, Incheon menyediakan hal-hal yang membuat penumpang nyaman. Antara lain adalah tempat tunggu yang nyaman, ada ruangan khusus internet, bahkan di bandara ini ada juga tempat khusus mandi dan berganti pakaian.

Di samping itu, di kompleks penerbangan juga disediakan lapangan golf untuk penumpang yang ingin mengisi waktu luang dengan bermain olah raga elit itu. Selain itu, ada juga zona khusus untuk anak-anak dan spa. Tak ketinggalan juga museum mini yang dihiasi oleh musik tradisional Korea. Semua itu gratis! Ada juga gelanggang es, kasino, spa, dan sauna untuk relaksasi.

Di bandara ini, penumpang tak perlu menunggu bis berpanas-panas saat ditransfer dari pesawat menuju terminal lain. Cukup menggunakan monorail antar-terminal, penumpang sudah sampai ke pesawat atau terminal yang dituju.

4 dari 6 halaman

Bandara Schiphol, Belanda

belanda rev2

Schiphol yang menjadi bandara terbaik ketiga sejagat versi Skytrax juga memiliki fasilitas yang seperti bintang lima. Lounge di bandara tersebut menyediakan beberapa alternatif untuk menghabiskan waktu di bandara.

Seperti bandara pada umumnya, bandar udara yang terletak di Amsterdam ini dilengkapi dengan fasilitas internet, pusat belanja bebas pajak dan toko makanan.

Selain itu, bandara ini juga dilengkapi dengan fasilitas mandi gratis. Tak ketinggalan dengan lounge yang menyediakan minuman yang anda sukai. Di tempat berbeda, juga terdapat lounge yang menyediakan buku-buku sehingga Anda bisa membunuh waktu dengan membaca.

5 dari 6 halaman

Hong Kong International Airport

international airport rev2

Sama dengan bandara Changi, Hong Kong International Airport (HKIA) juga menyediakan beberapa fasilitas hotel bintang lima seperti spa dan layanan kesehatan, hiburan televisi untuk anak-anak, area bermain anak dan lain sebagainya.

Sementara untuk lounge berbayarnya juga dilengkapi dengan ruangan untuk mandi. Selain itu, di bandara ini juga tersedia mushala yang berguna untuk beribadah umat muslim.

Untuk ibu-ibu yang sedang menyusui, tersedia juga ruangan untuk menyusui ataupun mengganti popok untuk bayi.

Bandara ini juga dilengkapi dengan lapangan golf beserta hotelnya. Anda bisa mendaftar untuk kursus bermain golf di bandara ini. HKIA juga merupakan satu-satunya bandara yang memiliki bioskop IMAX dan bioskop terbesar di China. Layar raksasa berukuran tinggi 13,8 meter dan lebar 22,4 meter dengan layar ekstrem 4D terpasang sejak Juni 2012. Film 2D dan 3D secara teratur diputar, termasuk film Hollywood dan fitur edutainment.

6 dari 6 halaman

Beijing Capital International Airport

international airport rev2

Bandara yang terletak di Beijing, China ini juga memiliki fasilitas yang sangat ramah terhadap pengunjung. Dari spa hingga refleksi tersedia di bandara ini.

Bandara Juanda berpotensi berkelas dunia
Cerita bandara Kepri yang segera jadi airport mall

Selain itu, jika Anda ingin berganti baju, fasilitas tersebut ada di bandara ini. Terdapat juga minum gratis dan tempat untuk mengisi ulang baterai ponsel, laptop maupun gadget lain.

Fasilitas mobil listrik untuk orang tua juga tersedia di bandara ini.

Baca juga:
Bocor saat hujan, bandara Indonesia belum pantas terbaik dunia
Ini bandara pertama di Indonesia yang dilengkapi lapangan golf
5 Penghambat bandara Indonesia tak masuk jajaran terbaik dunia

[rin]
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Bandara
  3. Top List
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini