5 Aturan kerja unik dari penjuru dunia, bikin senyum-senyum sendiri

Jumat, 10 Juni 2016 05:00 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo
5 Aturan kerja unik dari penjuru dunia, bikin senyum-senyum sendiri Ilustrasi pekerjaan. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Peraturan kerja, dalam suatu industri, dimaksudkan untuk menjamin ketertiban dalam proses berbisnis. Selain itu, aturan juga dimaksudkan agar menjamin hak bisa didapat oleh semua pihak, baik pemberi kerja atau pekerja.

Di Indonesia, aturan anyar mengenai tenaga kerja ialah mengenai pemberian tunjangan hari raya (THR). Aturan baru ini memungkinkan karyawan yang telah bekerja satu bulan berhak menerima THR.

Dalam aturan sebelumnya, pembayaran THR ini tercantum dalam Peraturan Menteri Nomor 4 Tahun 1994. Kemudian aturan ini diubah dan mengacu pada Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 6 Tahun 2016.

"Dalam aturan baru diatur tentang hak pekerja, syarat penerima THR, waktu pembayaran THR dan sebagainya. Sebelumnya, THR diberikan kepada pekerja yang sudah bekerja minimal tiga bulan masa kerja secara terus menerus. Kini, mereka yang bekerja selama satu bulan sudah dapat memperoleh THR," ujar Dirjen Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Kemenaker, Haiyati Rumondang seperti dilansir dari laman kementerian di Jakarta.

Pekerja yang telah melakukan masa kerja selama sebulan sudah dapat menerima THR. Pemberian THR dihitung secara proporsional melalui komponen masa kerja, penghitungan masa kerja tahunan, dan besaran upah bulanan.

Sama halnya dengan aturan sebelumnya, aturan baru juga mengatur tentang sanksi denda dan sanksi administratif bagi perusahaan yang tidak memberikan THR.

Aturan kerja juga ada di setiap negara. Uniknya, ada beberapa aturan yang tak biasa dan baru di telinga kita. Berikut merdeka.com akan merangkum sejumlah aturan kerja tersebut seperti dilansir dari Business Insider.

Baca Selanjutnya: Jepang wajibkan pekerja penuhi syarat...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Pekerjaan
  3. Tenaga Kerja
  4. Top List
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini