4 Tragedi Listrik Padam dari Penjuru Dunia, Menteri Korea Sampai Lepas Jabatan

Rabu, 7 Agustus 2019 06:00 Reporter : Merdeka
4 Tragedi Listrik Padam dari Penjuru Dunia, Menteri Korea Sampai Lepas Jabatan Malam Saat Listrik Padam di Ibu Kota. ©2019 Merdeka.com/Iqbal Nugroho

Merdeka.com - Indonesia menjadi sorotan internasional akibat petaka listrik padam massal yang terjadi di DKI Jakarta, kota-kota sekitarnya, serta Jawa Barat dan sebagian Jawa Tengah. Akibatnya, sinyal komunikasi, transportasi, dan aliran air terganggu.

Mati listrik mulai terjadi pada Minggu, 4 Agustus 2019, sekitar pukul 12.00 WIB. Awalnya PLN menebar harapan bahwa pemadaman berakhir sekitar jam 18.00 WIB. Kemudian harapan itu diundur hingga 00.00 WIB, tetapi nyatanya masih ada wilayah yang mati listrik hingga fajar keesokan harinya, seperti di Kota Tangerang dan Tangerang Selatan.

Kejadian mati listrik skala besar pernah terjadi di negara maju pada tahun 2000-an. Seorang menteri di Korea Selatan (Korsel) bahkan mundur setelah negaranya mati lampu selama 30 menit saja.

Di Eropa juga pernah ada mati lampu skala kontinental. Masyarakat di Jerman hingga Portugal pun langsung kocar-kacir karena kurangnya suplai energi listrik.

Bagaimana cerita listrik padam di negara lain dan bagaimana perbandingannya di Indonesia? Berikut ulasannya.

Baca Selanjutnya: Eropa: Mati Lampu Skala Kontinental...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini