4 Tips Lindungi Karir Anda dari PHK

Kamis, 4 Maret 2021 07:00 Reporter : Siti Nur Azzura
4 Tips Lindungi Karir Anda dari PHK Pengangguran. © Culiklaw.com

Merdeka.com - Pandemi covid-19 membuat sebagian besar perusahaan di dunia melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK). Menurut Job Report Covid-19, 86 persen dari pekerja di Indonesia merasakan dampak dari pandemi, dengan 56 persen di antaranya mengalami penurunan pendapatan.

Sejak awal November, Indonesia secara resmi memasuki resesi pertamanya sejak Krisis Moneter Asia tahun 1998, dan angka pengangguran terbukanya telah mencapai tingkat tertinggi sejak tahun 2011. Karena banyak bisnis di seluruh penjuru Indonesia masih terguncang oleh efek resesi, mempertahankan pekerjaan menjadi prioritas tiap karyawan.

Untuk menjaga karir sebaik mungkin di masa sulit seperti ini, Anda sebaiknya selalu memastikan agar pekerjaan terlindungi dari ketidakpastian ekonomi. Akan tetapi, jangan khawatir jika Anda belum membuat fondasi awalnya. Tidak ada kata terlambat dalam meningkatkan peluang untuk bertahan selama masa PHK yang rentan terjadi ini.

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan, dikutip JobStreet.

1. Perhatikan kesehatan finansial perusahaanmu

Pelajari cara membaca dan menganalisis laporan keuangan dalam laporan tahunan perusahaan. Anda bisa mengandalkan pengumuman dari perusahaan dan media untuk terus mengikuti beritanya, tetapi memperhatikan kesehatan finansial perusahaan adalah cara paling cepat untuk mengukur situasi.

Angka-angka tersebut akan memberi gambaran apakah masa PHK akan tiba, dan Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk memikirkan langkah-langkah selanjutnya juga.

2. Jalin hubungan baik dengan orang-orang yang mengetahui informasi penting

Menjaga pertemanan profesional tidak hanya membuat kerja lebih menyenangkan melainkan juga dapat memberimu akses yang berharga, yakni informasi. Baik itu informasi orang dalam tentang restrukturisasi perusahaan, bisikan-bisikan adanya kemungkinan PHK, ataupun sekedar saran profesional dari teman kerja.

Informasi dari rekan terpercaya dapat membantumu di masa-masa tidak pasti ini. Jalin hubungan baik dengan rekan kerja, walaupun kantormu sedang menjalankan sistem kerja dari rumah.

Baca Selanjutnya: 3 Jalin networking yang kuat...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini