4 Tanda Anda Harus Segera Berhenti Kerja

Jumat, 29 Maret 2019 07:00 Reporter : Siti Nur Azzura
4 Tanda Anda Harus Segera Berhenti Kerja Ilustrasi berhenti kerja. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Berhenti dari pekerjaan adalah suatu keputusan besar yang harus dipikirkan dengan matang. Sebab, jika pekerjaan Anda tidak membuat Anda berkembang, maka itu akan berdampak buruk bagi karir Anda.

"Dari semua perdebatan di kepala kita, memutuskan apakah sudah waktunya untuk berhenti adalah salah satu yang paling sulit," kata Penulis manajemen terlaris dan kontributor CNBC, Suzy Welch, dilansir CNBC Make It.

Menurutnya, ada 4 tanda pasti yang memberi tahu bahwa sudah seharusnya Anda berhenti dari pekerjaan.

Tidak ada ruang untuk berkembang

Apakah Anda tidak menemukan cara untuk berkembang di perusahaan Anda saat ini. Welch mengatakan ini adalah salah satu tanda teratas bahwa sudah saatnya untuk pindah kerja.

Misalnya, Anda tetap berada di posisi yang sama dalam jangka waktu yang lama dan tidak ada tanda-tanda untuk naik jabatan. Jika Anda terus bertahan, maka Anda tidak memiliki kesempatan untuk berkembang.

Memiliki reputasi yang melekat

Misalnya, Anda memulai pekerjaan sebagai asisten, sehingga beberapa orang tidak pernah melihat Anda sebagai apa pun kecuali asisten. Atau Anda berada dalam tim sebuah proyek yang gagal. Maka kegagalan tersebut akan melekat pada diri Anda, meski kegagalan itu bukan salah Anda.

Menurut Welch, faktor-faktor seperti ini dapat membuat Anda merasakan "tidak dapat dipromosikan" atau "barang yang rusak". Dan ketika itu terjadi, Anda harus pergi mencari tempat untuk memulai lagi.

Tidak bersemangat dengan pekerjaan Anda

Jika Anda merasa tidak semangat dalam menjalankan tugas dalam pekerjaan, maka itu pertanda bahwa sudah waktunya untuk berhenti. "Hidup ini singkat dan berharga. Jangan menghabiskan 40 atau 50 jam seminggu bekerja untuk memajukan sesuatu yang Anda tidak percaya," kata Welch.

Dengan demikian, temukan perusahaan yang membuat Anda bangga mengatakan, "Aku bekerja di sini".

Terpanggil untuk memulai bisnis

Banyak orang yang memutuskan untuk berhenti kerja untuk memulai bisnis. Jika Anda memiliki ide untuk menjual sesuatu atau menawarkan jasa tertentu, dan semakin hari ide tersebut semakin berkembang, maka mungkin sudah waktunya bagi Anda untuk berhenti dari pekerjaan Anda.

"Jika Anda ingin menjasi seorang pemimpin, maka Anda harus memiliki ide yang luar biasa. Jika Anda punya ide itu, maka bangun lah. Tapi jika tidak, maka tunggu sampai Anda bisa menemukan ide itu," kata Welch.

Dengan demikian, Anda harus betul-betul yakin bahwa Anda siap untuk berwirausaha sebelum memberikan surat pemberhentian kerja. Sebab, membangun bisnis tidaklah mudah, dan tidak ada pekerjaan yang sempurna.

"Tidak ada pekerjaan yang sempurna, dan kita semua memiliki waktu ketika kita berpikir untuk pergi." [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini