4 Sektor UMKM Indonesia Siap Lebarkan Sayap ke Pasar Internasional

Jumat, 21 Februari 2020 13:17 Reporter : Merdeka
4 Sektor UMKM Indonesia Siap Lebarkan Sayap ke Pasar Internasional Direktur Konsumer Bank BRI Handayani. ©2018 Merdeka.com/Yayu Agustini Rahayu

Merdeka.com - Kementerian Koperasi dan UKM beserta PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau Bank BRI akan berkolaborasi untuk mendorong sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) bisa masuk ke pasar global. BRI beserta Kementerian Koperasi dan UKM juga mau memastikan bagaimana UMKM Indonesia bisa memiliki daya saing baik untuk bisa sustain dalam pengembangan bisnisnya.

"Tadi kita banyak diskusi tentang bagaimana mengkolaborasikan banyak inisiatif untuk mendorong UMKM kita bisa go global," ujar Direktur Konsumer Bank BRI, Handayani, di kantor Kementerian Koperasi dan UKM, Jakarta, Jumat (21/2).

Terkait pelaku UMKM mana saja yang akan menjadi prioritas, Handayani menilai, ada empat sektor yang menurutnya telah siap untuk berpentas di pasar internasional.

"Jadi kalau kita lihat dalam kaitan kesiapan (UMKM) untuk go international, kita bagi menjadi 4 (sektor). Yang pertama adalah kraf, yang kedua home decoration, yang ketiga fashion and jewelry, yang keempat adalah food. Jadi itu adalah 4 (sektor) prioritas yang kita nanti identifikasi," tuturnya.

1 dari 1 halaman

Pelaku UMKM Akan Mendapatkan Pelatihan

akan mendapatkan pelatihan

Handayani melanjutkan, sinergi ini nantinya akan diwujudkan dalam beberapa program, yang diawali dengan pemberian workshop bagi para pelaku UMKM.

"Kemudian setelah itu kita menentukan pilot UMKM mana yang kita akan betul-betul menjadi fokus untuk kita melakukan inkubasi, sampai kita bina dan mereka mampu go ekspor. Rencananya dalam waktu dekat kita nanti akan bentuk tim untuk bisa membuat modeling-nya," ujar Handayani.

Tak hanya Kementerian Koperasi dan UKM serta Bank BRI saja, dia mengatakan, kedua belah pihak telah memetakan kementerian/lembaga mana saja yang punya kepedulian tinggi terhadap sektor UMKM.

"Contohnya kemarin kami juga bertemu dengan Dubes Perancis, bagaimana membawa produk fashion di Paris. Kementerian Luar Negeri juga sudah sangat siap untuk membantu. Tentu juga perbankan dan BUMN," kata dia.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana
Sumber: Liputan6.com

[bim]

Baca juga:
Google dan DJP Kerjasama Permudah UMKM Dapat Informasi Pajak
DPR Dukung UMKM Jualan di Rest Area Tol
Pernah Selamatkan RI dari Krisis, UMKM Masih Jadi Mesin Pertumbuhan Ekonomi
Pengusaha UMKM Pilih Jualan di Sosial Media Ketimbang di Platform E-commerce
Tiga Kendala UMKM Tidak Bisa Naik Kelas
Digitalisasi Bantu UMKM Naik Kelas
Dorong Kemudahan Berusaha, Jokowi Minta Prosedur Saat Memulai Usaha Dipangkas

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini