4 Negara tak pungut pajak, dari mana pendapatannya?

Jumat, 9 November 2018 06:20 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
4 Negara tak pungut pajak, dari mana pendapatannya? Bermuda. ©2018 globalinsurance.com

Merdeka.com - Pajak menjadi sangat penting untuk pembangunan negara. Biasanya masyarakat yang berpenghasilan tinggi diwajibkan membayar pajak. Tapi perlu diketahui, ada beberapa negara yang membebaskan pajak dari warganya. Karena pendapatan negara yang sudah sangat mencukupi. Bagi warga yang merasa ingin tinggal di negara tersebut, itu tidak mudah. Salah satunya, negara tersebut tidak menawarkan akses mudah ke kewarganegaraan. Selain itu prosesnya juga panjang dan mahal.

Seperti dikutip dari investopedia, berikut ini negara-negara di dunia yang membebaskan pajak dari warganya:

1 dari 4 halaman

Uni Emirat Arab

Uni Emirat Arab. daftarsemauku.web.id

Ada sejumlah negara minyak di Timur Tengah yang tidak memiliki pajak penghasilan, salah satunya UEA. Negara ini punya pemerintahan dan ekonomi yang relatif stabil.

UEA memiliki ekonomi yang berkembang dan lingkungan yang lebih multikultural daripada mayoritas negara di Timur Tengah. Seperti kuliner dan hiburan yang sangat baik. Ada juga fasilitas pendidikan sangat bagus. Meskipun korupsi pemerintah masih menjadi perhatian, tetapi aturan hukum diikuti dengan cukup baik.

2 dari 4 halaman

Bahama

Bahama. izoom.net

Di Bahama, peraturan bebas pajak tergantung wilayah tempat tinggal, bukan hanya karena status kewarganegaraan. Seseorang dapat memenuhi persyaratan residensi dengan membayar Izin Tinggal Tahunan atau mendapatkan status penduduk permanen berdasarkan pembelian real estat di Bahama. Hal ini disebabkan murahnya untuk tinggal di Bahama, setelah Karibia hilang. Jadi, warga yang tinggal di real estate, maka akan dibebaskan pajak.

Secara keseluruhan, negara ini memiliki infrastruktur dan layanan baik. Namun ada layanan yang dianggap sedikit buruk, yaitu bidang kedokteran. Dan tempat wisata di Nassau, memiliki tingkat kejahatan yang agak tinggi.

3 dari 4 halaman

Bermuda

Horseshoe Bay, Bermuda. © Foreverbermuda.com

Bermuda juga mirip dengan Bahama. Tapi untuk tinggal di negara ini, tarif hidupnya sangat mahal. Lokasinya yang relatif terpencil membuat Bermuda menjadi salah satu tempat berbiaya paling mahal di dunia Barat. Wajar saja jika Bermuda jauh lebih berkembang daripada kebanyakan pulau Karibia.

Pendapatan Bermuda muncul dari sektor wisata, dari pantai pasir merah muda hingga restoran kelas atas. Bermuda dianggap sebagai salah satu negara paling indah dan menyenangkan di Karibia. Inilah yang menjadi faktor warga Bermuda tak dibebankan pajak.

4 dari 4 halaman

Andorra

Andorra. ©AndorraWelcome

Andorra terkenal karena tidak hanya bebas pajak tetapi juga karena menggratiskan pajak pertambahan nilai (PPN). Sesuai dengan sikapnya yang ramah pajak, Andorra tercatat memiliki salah satu industri perbankan yang paling berkembang dengan baik di dunia.

Jika ingin menjadi warga negara Andorra, seseorang harus menempuh jalan panjang, dengan naturalisasi lebih dari 10 tahun. [has]

Baca juga:
Mengunjungi bazar buku terbesar di dunia
Serangan udara koalisi Saudi-UAE tewaskan 17 orang di Yaman
Ini wujud sepatu termahal di dunia, harganya Rp 253,7 miliar
Petugas pasang stiker tunggak pajak di Green Pramuka Square Mall
Gandeng Ditjen Dukcapil, Kemenkeu perkuat data perpajakan
Penerimaan pajak hingga Oktober 2018 capai Rp 1.015 triliun

Topik berita Terkait:
  1. Pajak
  2. Uni Emirat Arab
  3. Andorra
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini