KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

4 Menteri ini cetak sejarah baru di kabinet Jokowi-JK

Senin, 19 Juni 2017 08:00 Reporter : Saugy Riyandi
Jokowi-JK. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan kondisi perikanan di Indonesia di tahun ini masih sangat baik. Menurutnya, dalam dua tahun terakhir terjadi sejarah baru di dunia perikanan Indonesia yaitu peningkatan konsumsi ikan dalam negeri naik signifikan.

"Dalam sejarah, peningkatan konsumsi ikan dua tahun ini mencatat rekor tertinggi," ujar Susi di kantornya, Jakarta, Jumat (16/6).

Susi menegaskan konsumsi ikan nasional di 2016 meningkat 36 kilogram (Kg) menjadi 43 Kg. Sementara, nilai impor ikan menurun di atas 70 persen dan kuota ikan impor yang dipakai hanya 20 persen.

"Ekspor naik walau sedikit. Tapi impor kita turun banyak sekali. Ini hal yang luar biasa karena konsumsi dalam negeri ikan luar biasa," jelasnya.

Selain itu, bukti lainnya adalah stok ikan yang meningkat dari 9,93 juta ton pada 2016 menjadi 12,541 juta ton di 2017. "Jadi ada recovery kenaikan Maximum Sustainable Yield (MSY) kita atau ikan yang boleh ditangkap secara berkelanjutan hampir 100 persen," tegasnya.

Selain Susi, ada beberapa menteri yang juga berhasil mencetak sejarah atau rekor baru. Siapa saja mereka? Berikut dirangkum merdeka.com:

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.