4 Kawasan Milik Negara Dunia yang Sudah dan Ingin Dibeli Amerika

Jumat, 23 Agustus 2019 06:00 Reporter : Merdeka
4 Kawasan Milik Negara Dunia yang Sudah dan Ingin Dibeli Amerika Pertemuan Trump dan Putin di KTT G20. ©2019 Sputnik/Mikhail Klimentyev/Kremlin via REUTERS

Merdeka.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump kembali jadi sorotan karena tertarik membeli Greenland, sebuah wilayah Kerajaan Denmark. Motifnya diperkirakan karena sumber daya alam dan lokasi Greenland yang strategis.

AS sebetulnya tidak asing dengan membeli wilayah negara lain. Di masa lalu, AS pernah membeli daerah Rusia, Prancis, dan Meksiko.

Selengkapnya, berikut tiga wilayah yang dibeli pemerintahan AS beserta harganya, seperti dilansir Business Insider.

1 dari 4 halaman

1. Greenland

Amerika tertarik membeli Greenland dari Denmark. Greenland kaya akan sektor perikanan, wisata, dan mineral. Pemerintah negara itu juga menegaskan wilayah mereka tidak dijual.

"Greenland tidak dijual, tetapi Greenland terbuka untuk perdagangan dan kooperasi dengan negara-negara lain, termasuk AS," ujar Perdana Menteri Kim Kielsen.

2 dari 4 halaman

2. Louisiana

Pada 1803, AS membeli Wilayah Louisiana dari rezim Napoleon Bonaparte seharga USD 15 juta atau kini setara USD 340 juta jika disesuaikan inflasi.

Luas Lousiana yang dibeli AS adalah 827 ribu mil persegi (2,1 juta km persegi). Ada catatan bahwa AS berhasil untung besar atas transaksi ini, pasalnya rezim Napoleon sedang butuh uang untuk berperang melawan Inggris sehingga menjual Louisiana dengan harga murah.

3 dari 4 halaman

Alaska

Rusia menjual Alaska kepada AS pada tahun 1867 seharga USD 7,2 juta atau kini setara USD 125 juta.

Menurut situs resmi sejarah AS, Office of the Historian, AS awalnya kurang peduli dengan Alaska. Keputusan Menteri Luar Negeri William Seward untuk membeli Alaska bahkan dijuluki sebagai kebodohan.

Kemudian, ditemukanlah persediaan emas melimpah di Alaska pada 1896. Hingga kini Alaska masih punya persediaan migas dan emas.

4 dari 4 halaman

4. Arizona dan New Mexico

AS membeli tanah seluas 29.670 mil persegi (76.844 km persegi) dari Meksiko. Wilayah itu menjadi bagian negara bagian Arizona dan New Mexico.

Tanah itu dibeli untuk jalur kereta trans-kontinental selatan. Pada saat pembelian, AS dan Meksiko juga meributkan masalah perbatasan. Hingga kini, lahan yang dibeli tersebut menjadi batas selatan negara AS.

Reporter: Tommy Kurnia

Sumber: Liputan6

[bim]

Baca juga:
Korea Utara Tolak Hidupkan Kembali Pembicaraan Nuklir dengan AS
Cerita Tragis 6 Kota Mati, dari Diguncang Ledakan Nuklir hingga Ditelan Lava
Trump Sesumbar Bisa Menangkan Perang Afghanistan dalam Sepekan Tanpa Nuklir
Trump Batalkan Kunjungi Denmark karena Ditolak Beli Greenland
Kisah Kelam di Balik Indah dan Mewahnya 'Pulau Paedofil' Milik Miliarder AS
China Salip Amerika Jadi Kekuatan Militer Utama di Asia
Sri Mulyani Waspadai Gejolak Ekonomi Global 2018 Berlanjut ke 2020

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini