4 Jenis Reksadana yang Wajib Diketahui Sebelum Berinvestasi

Sabtu, 24 Oktober 2020 16:30 Reporter : Merdeka
4 Jenis Reksadana yang Wajib Diketahui Sebelum Berinvestasi investasi. shutterstock

Merdeka.com - Direktur Interim Presiden Direktur Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) Afifa menyebutkan ada empat jenis reksadana yang bisa dipilih investor pemula dalam melakukan investasi. Di antaranya reksadana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksadana campuran, dan reksadana saham.

Jenis reksa dana tersebut diklasifikasi berdasarkan potensi hasil investasi, tingkat fluktuasi, dan jangka waktu investasi yang disarankan.

"Secara umum, reksa dana dibagi menjadi 4 kelas. Semuanya punya volatilitas atau kecepatan naik turunnya return atau keuntungan yang berbeda-beda. Maka dari itu, penting bagi investor menentukan terlebih dahulu tujuan investasinya agar dapat menyesuaikan harus memilih jenis reksa dana yang mana," jelas Afifa pada sesi Webinar Basic Investment, Sabtu (24/10).

Jenis pertama dan merupakan kelas yang paling dasar adalah reksadana pasar uang. Potensi hasil investasi dan fluktuasinya cenderung rendah dengan jangka waktu investasi yang disarankan paling tidak setahun atau lebih. Kemudian, reksadana pasar uang memiliki underlyingnya adalah time deposit. Sehingga, reksadana pasar uang mempunyai instrumen obligasi yang jatuh temponya bisa di bawah satu tahun dan menawarkan keuntungan setidaknya 20 persen setahun.

"Tentunya, volatilitas atau arus naik turunnya risiko dari reksadana ini rendah jadi sangat cocok untuk mereka yang butuh investasi jangka pendek dan pencairannya juga bisa cepat," jelas Afifa.

Baca Selanjutnya: Jenis Lainnya...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini