4 Fakta Terbaru Perkembangan Kebijakan Tiket Pesawat Diskon 50 Persen

Selasa, 9 Juli 2019 06:00 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo
4 Fakta Terbaru Perkembangan Kebijakan Tiket Pesawat Diskon 50 Persen Tiket Pesawat Bandara Soekarno Hatta. ©2019 Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Pemerintah resmi mengumumkan keputusan tentang penurunan harga tiket pesawat sebesar 50 persen dari tarif batas atas (TBA). Kamis mendatang, maskapai akan mengumumkan rute mana saja yang akan mendapat diskon harga.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, kembali menegaskan pemberlakuan penurunan tiket pesawat merupakan upaya pemerintah agar harga tiket dapat dijangkau oleh masyarakat. "Yang jelas itu adalah upaya dari pemerintah untuk memberikan suatu tiket yang terjangkau bagi masyarakat," kata dia.

Dia pun menyampaikan apresiasinya kepada seluruh pihak yang telah terlibat dalam diskusi. Dengan demikian, kesepakatan terkait penurunan harga tiket pesawat dapat tercapai. "Saya pikir itu apresiasi kepada semua pihak yang sudah melakukan itu," ujarnya.

Atas perkembangan terbaru kebijakan penurunan tiket pesawat ini, berikut rangkuman fakta terbaru yang dihimpun merdeka.com.

1 dari 4 halaman

Tiket Pesawat Diskon Berlaku di Selasa, Kamis, Sabtu Mulai 11 Juli

Pemerintah menyatakan pemberlakuan penurunan tiket pesawat 50 persen mulai dilakukan pada Kamis 11 Juli 2019. Adapun, 3 hari penjualan tiket murah ini, berlaku pada Selasa, Kamis dan Sabtu.

Sekretaris Kementerian Koordinator Perekonomian, Susiwijono, mengatakan maskapai penerbangan berbiaya rendah (Low Cost Carrier/LCC) nasional telah menyepakati penyediaan 30 persen alokasi kursi untuk tiket pesawat yang telah diturunkan harganya. Besaran penurunan harga tiket pesawat LCC sebesar 50 persen dari tarif batas atas.

2 dari 4 halaman

Total Ada 11.626 Tiket Pesawat yang Didiskon Citilink dan Lion Air

Sekretaris Kementerian Koordinator Perekonomian, Susiwijono, melanjutkan maskapai Citilink sendiri sepakat untuk menjual tiket penerbangan murah sebanyak 62 penerbangan per harinya setiap Selasa, Kamis, dan Sabtu mulai dari pukul 10.00 WIB sampai dengan 14.00 WIB dengan menyiapkan sebanyak 3.348 kursi.

Sedangkan untuk maskapai Lion Air Group sendiri akan menyediakan 146 penerbangan per hari di waktu dan jam-jam tertentu yang telah diatur oleh pemerintah dengan menyiapkan sebanyak 8.278 kursi. Adapun secara total kursi yang disediakan kedua maskapai dalam sehari yakni sebanyak 11.626 kursi

"Jadi rekan-rekan sekalian ada 62 flight Citilink dan 146 flight Lion Air yang kita dedikasikan per hari untuk menyediakan penerbangan murah dengan penurunan 50 persen dari TBA untuk 30 persen dari alokasi," katanya.

3 dari 4 halaman

Rute Penerbangan dengan Tarif Diskon Diumumkan Kamis Esok

Meski begitu, pemerintah dan maskapai sendiri belum bisa memutuskan untuk rute-rute penerbangan mana saja yang akan dilakukan penyesuaian tarif tersebut. Informasi mengenai rute penerbangan akan disampaikan kembali dalam rapat koordinasi lanjutan pada hari Kamis mendatang.

"Pertanyaannya rute flight mana saja, itu nanti akan kita jelaskan 62 flight itu mana saja, begitu juga Lion, itu akan kami rinci detail sebelum hari kamis pemberlakuannya," kata Sekretaris Kementerian Koordinator Perekonomian, Susiwijono.

4 dari 4 halaman

AirAsia Tak Wajib Turunkan Harga

Menteri Koordinator Perekonomian, Darmin Nasution, mengungkapkan AirAsia tidak dilibatkan untuk penurunan harga tiket pesawat penerbangan berbiaya rendah atau low cost carrier (LCC) karena harga tiketnya sudah murah. Sejauh ini, hanya Lion Air dan Citilink yang akan melakukan penyesuaian tarif sebesar 50 persen dari Tarif Batas Atas (TBA).

Menko Darmin mengatakan sejauh ini AirAsia memang secara tarif masih jauh lebih murah dibandingkan Lion Air Group dan Citilink. Oleh karenanya, pihaknya tidak melibatkan maskapai asal Malaysia tersebut.

"Dia memang klaimnya tidak sebanyak Citilink maupun Lion. Tapi dia itu sudah di bawah 50 persen. Jadi tidak ada gunanya diikutkan dia," katanya.

[bim]

Baca juga:
Kata Menhub Budi Soal Tiket Pesawat Turun Harga Mulai 11 Juli 2019
Angkasa Pura Siap Beri Insentif Maskapai Agar Tiket Pesawat Turun di 11 Juli
Tak Dipanggil Pemerintah, Harga Tiket Pesawat AirAsia Disebut Sudah Murah
Turunkan Harga Tiket Pesawat 50 Persen, Lion Air Klaim Tak Ganggu Kondisi Keuangan
Harga Tiket Pesawat Turun Berlaku Mulai 11 Juli untuk Terbang di Selasa,Kamis & Sabtu
Harga Tiket Pesawat Sudah Turun?
Angkasa Pura I Siap Bantu Pemerintah Turunkan Harga Tiket Pesawat

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini