4 Fakta di balik para anak buah Jokowi kedapatan tengah tertidur

Jumat, 16 Juni 2017 06:00 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo
4 Fakta di balik para anak buah Jokowi kedapatan tengah tertidur Menteri Susi ketiduran di bandara JFK New York. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Beberapa hari ini, jagat media sosial tengah dihebohkan dengan foto para menteri Presiden Joko Widodo yang kedapatan tertidur di bandara usai menunaikan tugas negara. Mereka adalah Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa.

Foto ini dianggap netizen sebagai cerminan bahwa para pejabat yang bekerja untuk seluruh rakyat Indonesia juga manusia biasa. Terkadang lelah menghampiri saat bertugas.

Wakil ketua DPR Fahri Hamzah meminta semua pihak tidak memandang negatif mengenai foto menteri tertidur di bandara. Dia justru mengapresiasi kinerja para menteri tersebut.

"Jangan dipandang negatif orang sudah capek, kasian," kata Fahri.

Menurut Fahri, wajar seorang menteri sampai kelelahan dan tertidur di bandara lantaran banyaknya tugas harus dikerjakan. "Kasihan yah capek. Ya memang bangsa ini sedang sibuk yah jadi dapat dimengerti tugasnya banyak," ujarnya.

Fahri mengapresiasi dedikasi pada menteri yang bekerja tak kenal waktu untuk Indonesia. "Saya apresiasi sama mereka yang kerjanya 24 jam untuk bangsa ini," terangnya.

Atas aksi para menteri yang kedapatan tertidur ini, berikut merdeka.com akan merangkum sejumlah fakta di baliknya. Selamat membaca.

1 dari 4 halaman

Menteri Susi lelah dan harus menunggu pesawat satu jam lebih

Menteri Susi ketiduran di bandara JFK New York. ©2017 Merdeka.com

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menceritakan penyebab dirinya tertidur di bandara saat melakukan kunjungan ke Amerika Serikat. Menurut Menteri Susi, dirinya kelelahan dengan segala rangkaian acara di Negeri Paman Sam tersebut.

Maka dari itu, saat menunggu jadwal penerbangan, Menteri Susi mengaku ketiduran. "Ya orang ketiduran, capek," ujarnya saat ditemui di Istana Negara, Jakarta.

Menteri Susi melanjutkan, saat itu, dirinya harus menunggu berjam-jam sebelum penerbangan. "(Tunggu pesawat) 2 jam," ucapnya.

2 dari 4 halaman

Mensos Khofifah dinas keluar kota 5 hari berturut-turut

mensos tidur di sofa. ©2017 Merdeka.com

Foto Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa saat tertidur di ruang tunggu penumpang Bandara Internasional Juanda di Surabaya menyebar di internet. Foto tersebut kali pertama diunggah oleh salah seorang staff di Kementerian Sosial lewat akun Instagram miliknya.

Dalam foto tersebut, tampak Khofifah tertidur pulas tanpa melepaskan kaos kakinya dengan ditutupi kain panjang bermotif batik. Tas travel berwarna ungu digunakannya sebagai bantal kepala.

Di kolom caption foto, tertulis Khofifah sedianya akan berangkat menuju Kabupaten Banyuwangi, setelah sebelumnya bertolak dari Bandara Husein Sastra Negara Bandung usai acara pembagian bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) bersama Presiden Joko Widodo di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat beberapa waktu lalu.

"Foto ini diambil hari Minggu sekira pukul 10.55 di Bandara Juanda, Surabaya. Karena pesawatnya masih lama, Ibu Khofifah "nyuri waktu" buat tidur," tulis akun tersebut.

Rupanya, kelelahan tersebut akibat padatnya jadwal kunjungan kerja Khofifah sebagai Menteri Sosial. Diketahui, sebelumnya Khofifah juga mengunjungi Kabupaten Toli-Toli dan Kota Palu di Sulawesi Tengah guna menengok korban banjir sebelum bertolak ke Ciamis dari Jakarta via darat.

"Sambil menunggu pesawat ke Banyuwangi. Perjalanan 5 hari yang luar biasa Dari Toli-Toli nengok korban banjir lanjut Kota Palu, lanjut Jakarta, lanjut Ciamis via darat, lanjut Bandung, lanjut Surabaya, dan akhirnya lanjut Banyuwangi," terang akun itu.

3 dari 4 halaman

Menteri Imam sibuk dampingi kontingen olimpiade Brasil

Imam Nahrawi. ©2015 merdeka.com/imam buhori

Dalam sebuah foto yang diunggah seorang netter memperlihatkan sosok seorang menteri Indonesia tengah tertidur di bandara. Dia adalah Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi.

Dalam foto tersebut Menteri Imam terlihat letih dan lelah setelah mendampingi kontingen Indonesia untuk berjuang mengharumkan nama Indonesia di Olimpiade Rio de Janeiro, Brasil. Menteri Imam sejak pertama kali sampai di Brasil memang belum istirahat sama sekali, karena harus mondar-mandir sana sini untuk melakukan kroscek kesiapan kontingen Indonesia di ajang Olimpiade.

Mungkin karena letih dan kurang istirahat, sang menteri pun merasakan kantuk yang amat sangat sehingga secara tak sengaja tertidur di kursi tunggu Bandara Brasil.

Sosok menteri satu ini memang dikenal santai dan tak jaim karena beliau 'lahir' dari lingkungan pesantren. Menteri satu ini sebelumnya merupakan seorang politkus dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Dalam foto tersebut, terlihat Menteri Imam tertidur pulas bersama sang istri walau banyak orang yang lalu lalang disekitarnya.

4 dari 4 halaman

Menteri Jonan lelah bertugas saat Lebaran hingga tertidur di gerbong kereta ekonomi

Dirut PT KA Ignatius Jonan tidur di gerbong KA ekonomi. ©2014 Merdeka.com

Saat menjabat Direktur PT KAI, Ignasius Jonan sempat tertangkap kamera tengah terlelap tidur dalam kereta ekonomi dan menyebar di laman media sosial. Menurut anak buahnya di PT KAI, sejak tanggal 20 Juli sampai saat ini paling tidak hampir 15 hari, masih belum pulang ke rumah demi memantau arus mudik dan balik.

Saat berada di KA ekonomi Panatara tujuan Malang- Surabaya, Menteri Jonan sangat menikmati tidurnya setelah melihat kesiapan arus balik, dipo dan stasiun di Kota Malang, Jawa Timur. "Sekarang kami ada di Semarang, baru H+10 lepas piket, ini diperpanjang," ujar Juru Bicara PT KAI , Sugeng Priyono yang selama ini menemani Jonan keliling melihat kesiapan angkutan Lebaran, pada merdeka.com.

"Pak Jonan itu, memantau arus mudik hanya membawa baju seragam PT KAI 4 biji. Tidak bawa koper yang isinya macam-macam. Foto itu sempat diperlihatkan pada beliau, dia hanya tersenyum saja," katanya.

  [bim]

Baca juga:
Fahri soal foto menteri tidur: Jangan dipandang negatif, kasihan
Menteri Jokowi tak kompak soal penambahan kursi DPR
Cerita menteri Jokowi kenakan pakaian adat di Hari Lahir Pancasila
Buka puasa bersama, Jokowi ajak pimpinan lembaga negara kompak
Jokowi buka puasa bersama Kabinet Kerja di Istana Bogor
Kepada pimpinan media, Jokowi jelaskan alasan genjot infrastruktur

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini