4 Fakta di balik gaji presiden Indonesia

Kamis, 25 Juni 2015 07:00 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo
4 Fakta di balik gaji presiden Indonesia Jokowi bertemu SBY di Bali. ©Rumgapres/Abror Rizki

Merdeka.com - Gaji presiden Indonesia menempati urutan ke-15 terbesar di dunia. Saat ini, gaji perdana menteri Singapura menjadi yang tertinggi.

Berdasarkan kajian Statista yang dilansir dari CNBC, gaji pemimpin Singapura ini mengalahkan gaji pemimpin negara Prancis, Jerman, Italia, Jepang dan bahkan inggris gabungan.

Gaji perdana menteri Singapura dalam satu tahun mencapai USD 1,7 juta atau setara dengan Rp 22 miliar. Angka ini jauh lebih besar atau empat kali lipat dari gaji Presiden Amerika Serikat Barack Obama yang hanya USD 400.000 atau setara dengan Rp 5,2 miliar.

Plt Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Taufiqurrahman Ruki mengatakan terdapat kejanggalan dalam sistem penggajian birokrat di dalam negeri. Pasalnya, saat ini gaji yang diterima Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo serta beberapa Dirut badan Usaha Milik Negara (BUMN) lebih besar ketimbang pendapatan Presiden RI.

"Sistem penggajian kita ada yang janggal, enggak beres. Saya mau nanya siapa penanggungjawab tertinggi di Republik ini? Presiden. Kok gajinya lebih kecil?," ujar Ruki di Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat.

Ruki mengungkap satu dari beberapa anomali mengenai gaji presiden. Apa saja sebetulnya fakta dibalik upah kepala negara ini? Berikut merdeka.com akan merangkumnya untuk pembaca.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini