4 Dampak Tak Terduga Mahalnya Harga Tiket dan Kargo Pesawat

Kamis, 14 Februari 2019 08:00 Reporter : Idris Rusadi Putra
4 Dampak Tak Terduga Mahalnya Harga Tiket dan Kargo Pesawat Hotel .
2. Tingkat Keterisian Hotel Anjlok

Merdeka.com - Kenaikan harga tiket pesawat dikeluhkan oleh Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI). Sebab, akibat kenaikan ini, tingkat keterisian kamar (okupansi) hotel mengalami penurunan.

Ketua Umum PHRI, Hariyadi Sukamdani mengatakan, kenaikan harga tiket pesawat sangat berdampak pada okupansi hotel. Sebab, dengan harga yang naik, masyarakat menahan diri untuk melakukan perjalanan atau berwisata ke suatu daerah. Sehingga pemesanan atas kamar hotel pun berkurang.

"Terimbas sekali, kita turun (okupansi) antara 20-40 persen," ujar dia di Jakarta, Rabu (13/2).

Selain terhadap okupansi hotel, kenaikan harga tiket ini juga berdampak pada restoran serta penjualan makanan dan minuman di daerah, khususnya yang menjadi tujuan wisata.

"Itu pengaruhnya ke F&B (food and beverage) juga otomatis. Hotel kan berhubungan dengan F&B. Dengan room yang drop, pasti F&B juga akan kena," kata dia.

Menurut Hariyadi, penurunan okupansi tersebut telah terjadi sejak awal tahun ini dan berpotensi menjadi lebih parah khususnya pada saat low season seperti sekarang. "Mulai dari awal pertengahan Januari sampai dengan saat ini, karena sudah mulai berlaku. Efektifnya minggu pertama Januari. Jadi bulan ini juga low season, kita sudah low season ketimpa seperti ini juga jadi repot," jelas dia.

Oleh sebab itu, PHRI mengimbau kepada maskapai untuk kembali menurunkan harga tiket pesawatnya. Jika tidak, maka akan semakin banyak sektor yang juga akan terkena dampak.

"Pesan kami kepada airlines, apapun alasannya, tidak efisiennya mereka lalu dibebankan kepada konsumen. Ini tidak fair. Dan yang saya rasa yang mengeluh bukan hanya PHRI. Saya rasa Angkasa Pura juga mengeluh karena penumpangnya turun. Kan mereka juga mengambil dari traffic," tandas dia.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini