4 Dampak Tak Terduga Mahalnya Harga Tiket dan Kargo Pesawat

Kamis, 14 Februari 2019 08:00 Reporter : Idris Rusadi Putra
4 Dampak Tak Terduga Mahalnya Harga Tiket dan Kargo Pesawat Lion Air. ©2016 Merdeka.com/iqbal s nugroho

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mendapat keluhan dari Perhimpunan Hotel dan Restoran Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) tentang mahalnya harga Avtur. Mahalnya harga avtur ini membuat tiket pesawat mahal serta kamar-kamar hotel menjadi sepi.

Presiden Jokowi pun mengaku kaget mendengar hal tersebut. Untuk itu, dia akan memanggil Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati untuk meminta kejelasan harga avtur di dalam negeri.

Menanggapi keluhan itu pun, Presiden Joko Widodo Jokowi siang tadi telah mengumpulkan sejumlah menteri untuk membahas mengenai harga avtur. Saat ini, avtur menjadi komponen tertinggi dalam biaya operasional maskapai penerbangan, bahkan mencapai 40 persen.

Jokowi langsung memerintahkan bawahannya untuk menghitung ulang harga avtur agar dapat lebih efisien.

"Tadi baru kami rapatkan. Saya sudah perintahkan untuk dihitung. Mana yang belum efisien mana yang bisa diefisienkan, nanti segera diambil keputusan. Segera akan," kata Presiden Joko Widodo di Istana Negara Jakarta, Rabu (13/2).

Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi mengatakan, jika harga avtur bisa lebih kompetitif maka secara tidak langsung akan mempengaruhi harga tiket maskapai. Dia pun menargetkan harga tiket pesawat bisa turun secepat mungkin.

"Diusahakan minggu ini (harga tiket pesawat turun)," tegas Budi Karya di Istana Kepresidenan.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution membuka peluang untuk melakukan penyesuaian PPN jika memang dibutuhkan untuk menurunkan harga Avtur. Hal ini menurutnya akan dibahas oleh Kementerian Keuangan sebagai kementerian berwenang. Namun, pemerintah katanya belum mengambil keputusan untuk menurunkan harga avtur.

Meski demikian, dampak mahalnya harga tiket dan kargo pesawat sudah terasa. Tak diduga, banyak sektor yang terpukul dengan tingginya harga transportasi udara tersebut. Merdeka.com mencoba merangkum dampak tingginya harga tiket dan kargo pesawat.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini